3 Hal Penyebab Iritasi Miss V Makin Parah
ask dr laurier

3 Hal Penyebab Iritasi Miss V Makin Parah

3 Hal Penyebab Iritasi Miss V Makin Parah

23 Oct 2019

3 Hal Penyebab Iritasi Miss V Makin Parah

Kamu pernah mengalami masalah dengan miss v yang baunya nggak sedap? Wah, kamu harus hati-hati mengatasinya nih, Girls! Kenapa sih? Karena kalau kamu salah dalam melakukan perawatan terhadap miss v, nantinya malah bisa menyebabkan iritasi lho!

Makanya, perawatan miss v itu harus cermat dan teliti, Girls. Hal ini disebabkan karena miss v terletak di daerah yang tersembunyi dan kurang sirkulasi udara, sehingga cenderung lembap. Jadinya flora kulit seperti bakteri, jamur dan virus gampang berubah sifat yang awalnya baik menjadi patogen atau merusak kulit. Akibatnya, miss v jadi gampang lembap dan berbau nggak sedap.

Pasti kamu nggak mau kan, mengalami iritasi pada miss v? Nah, makanya kamu jangan sampai melakukan hal-hal di bawah ini ya, Girls!

  • Memakai sabun atau cairan pembersih

Kalau kamu berniat membersihkan vagina, dan membuatnya harum dengan sabun atau cairan berpewangi, maka kamu keliru nih. Sabun bersifat alkalis dan cairan pembersih vagina mengandung antiseptik. Keduanya bisa merusak keseimbangan pH, dan membunuh bakteri baik yang memelihara kesehatan miss v. Hal ini membuat bakteri, jamur, dan virus lebih cepat berkembangbiak, sehingga terjadi infeksi dan menyebabkan iritasi pada miss v.

  • Menyemprotkan parfum, mengoleskan lotion, atau menaburkan bedak

Parfum, lotion dan bedak mengandung bahan kimia yang sangat berbahaya kalau terkena miss v. Efek yang ditimbulkan pada kulit sensitif biasanya akan terasa panas, gatal dan perih. Sebenarnya, miss v memang punya aroma khas kok, Girls! Tapi kalau tiba-tiba aroma miss v-mu cenderung tajam, amis disertai perubahan cairan vagina menjadi kuning, kehijauan, atau kecokelatan, maka segeralah memerikskan diri ke dokter ya!

  • Mencukur habis bulu pubis

Bulu pubis sangat berperan penting dalam menjaga miss v dari berbagai benda asing, seperti keringat, debu, dan kuman. Kamu memang harus merawatnya supaya nggak tumbuh lebat, sehingga nggak membuat miss v jadi gampang berkeringat dan lembap. Tapi kamu harus ingat, jangan mencukur bulu pubis sampai habis! Kamu cukup merapikannya dengan gunting secara rutin, supaya tetap rapi.

Lalu kalau bentuk-bentuk perawatan di atas harus dihindari, gimana cara yang tepat untuk menjaga kebersihan dan kesehatan miss v yang nggak sedap supaya terhindar dari iritasi? Simple aja kok, Girls! Area miss v cukup kamu basuh dengan air hangat saat mandi, dan jangan lupa mengeringkannya supaya nggak lembap. Selain itu, pilihlah celana dalam berbahan katun supaya penyerapan keringat maksimal. Keringat yang berlama-lama di permukaan kulit, cenderung membuat area miss v jadi lembap.

Kamu juga harus pastikan untuk memilih pembalut yang tepat saat menstruasi. Jangan cuma cari pembalut yang bisa menampung cairan menstruasi aja, tapi juga harus menjaga kesehatan kulit area miss v-mu. Saat ini, satu-satunya pembalut jenis ini adalah Laurier Healthy Skin. Pembalut ini punya permukaan 3D pori bergelombang, sehingga bisa meningkatkan 80% sirkulasi udara ke area permukaan kulit area miss v. So, pembalut tetap kering dan kulit bebas lembap deh! Bye bye, iritasi!

Sebenarnya, 8 dari 10 wanita Indonesia berpotensi mengalami iritasi lho! Apakah kamu salah satunya? Cek di www.dontgetirritated.id #DontGetIrritated yuk! Jangan lupa juga share info ini ke teman-temanmu ya, biar mereka lebih aware sama kesehatan miss v-nya!

Related Articles
Adulthood
30 Sep 2022

Bisakah Menstruasi Saat Hamil? Begini Penjelasannya

Terlambat menstruasi merupakan salah satu tanda kehamilan yang paling utama. Namun terkadang justru ...
Adulthood
28 Jun 2021

Mau Turunin Berat Badan? Ini 5 Diet yang Bisa Kamu Coba

Kamu lagi diet? Wah, tetap semangat ya! Eh, diet memang penuh perjuangan sih apalagi di tengah godaa...
Adulthood
26 Sep 2019

Menu Sarapan yang Bisa Tingkatkan Kesuburan

Girls, pernah dengar kalimat ‘You are what you eat’ nggak? Kalimat ini ternyata punya ar...