3 Cara Atasi Heavy Flow Pas Lagi Menstruasi
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

3 Cara Atasi Heavy Flow Pas Lagi Menstruasi

3 Cara Atasi Heavy Flow Pas Lagi Menstruasi

07 Oct 2019

3 Cara Atasi Heavy Flow Pas Lagi Menstruasi

Fyi nih, Girls, pada tahun pertama kamu mengalami menstruasi, biasanya darah menstruasi yang keluar relatif banyak dan lama. Kondisi ini bisa dibilang sebagai perdarahan berat. Walaupun tergolong wajar, kondisi ini tetap perlu ditangani secara tepat supaya nggak mengganggu aktivitasmu sehari-hari.

 

Kondisi perdarahan menstruasi yang banyak di usia remaja, disebabkan karena keseimbangan kadar hormon reproduksi yang belum stabil. Kondisi ini akan mereda dengan sendirinya, sesuai proses pertumbuhan fisik yang dialami. Tapi, sebaiknya kamu harus tau cara menangani kondisi ini, supaya nggak terjadi tembus yang bisa membuat aktivitasmu terganggu. Apa aja sih, caranya?

  • Pilih pembalut yang baik

Di saat mengalami perdarahan berat atau heavy flow, pastikan kamu memakai pembalut yang berdaya serap tinggi. Seperti rangkaian Laurier Heavy Flow Expert yang terdiri dari Laurier Relax Night, Laurier Active Day X-tra, dan Laurier Flexi Protect. Jadi, kamu nggak perlu takut bocor pas aktivitas lagi padat atau pas lagi tidur. 

  • Cermat memasang pembalut

Pastikan kamu menempel atau memasang pembalut dengan rapi di celana dalammu. Pilih pembalut yang bersayap, sehingga bisa melindungi bagian samping celana dalam. Kalau bagian samping ini nggak dilindungi, ada kemungkinan celana dalammu bakal menyerap darah, dan nantinya bisa menodai rok atau celana pas kamu terlalu lama duduk. Karena bahan celana dalam biasanya nggak bakal bisa menampung darah menstruasimu, Girls.

  • Sering memeriksa pembalut

Kamu harus rajin memeriksa kondisi pembalutmu minimal setiap dua jam ya, Girls! Kalau terlihat udah menampung cukup banyak darah, nggak perlu menunggu penuh atau sampai 4 jam untuk menggantinya.


Sekalipun kondisi ini wajar dialami, tapi kalau sebelum 1 jam, kamu melihat pembalutmu udah lembap atau bahkan sampai tembus, dan terjadi lebih dari 10 hari, sebaiknya langsung minta mama untuk membawamu ke dokter. Karena kalau dibiarkan begitu aja, perdarahan menstruasi yang berat malah bisa berpotensi menyebabkan anemia atau kekurangan sel darah merah, yang akan membuatmu merasa lemas, sehingga nggak bisa beraktivitas normal pas lagi menstruasi. So, be aware, Girls!

 

Yuk, share info ini ke teman-temanmu yang lain, supaya mereka tau cara mengatasi heavy flow pas menstruasi!

Related Articles

Adulthood
04 Dec 2019

Kecil Bendanya, Besar Manfaatnya!

Girls, pasti kamu udah tau kan, apa itu pantyliner? Yap! Benda yang bentuknya mirip sama pembalut, t...
Adulthood
20 Jun 2019

Apa sih, yang Bikin Siklus Menstruasiku Tertunda?

Girls, kamu harus tau ya, kalau siklus menstruasi setiap cewek itu beda-beda, tergantung dari kadar ...
Adulthood
14 Jun 2019

4 Fakta Menarik Tentang Vagina yang Belum Kamu Tahu!

Hati-hati ya, Girls, saat ini banyak banget ditemukan info-info yang nggak bener tentang vagina. Kad...