Menu

Sociolife

Menstruasi Trik Bikin Catetan Rapi

Trik Bikin Catetan Rapi

Bikin catetan yang ok, adalah keterampilan yang bisa membantumu belajar secara baik dan menyelesaikan tugas-tugas sekolah.

Sayangnya, sampe sekarang gak ada kan, pelajaran di sekolah yang secara khusus mengasah keterampilan membuat catetan. So, pastiin kamu nyimak tips berikut ini...

  • Catet hal penting aja. Kalo gurumu mengajar dan menulis di papan tulis, akan lebih mudah membuat catetan. Kamu tinggal nyalin aja. Tetapi jika tidak, maka kamu harus cermat menemukan hal-hal penting dari penjelasannya. Biasanya, guru Sejarah, selalu nyebutin tanggal penting, seperti: Perang Diponegoro terjadi tahun 1825 hingga 1830. Dan guru Matematika selalu mengulang-ulang rumus Phytagoras. Naaah, hal penting kayak ginilah yang harus kamu catet.
  • Emang gak gampang sih memilah informasi untuk dicatet. Terlebih lagi karena tiap guru memiliki pola mengajar ya berbeda. Tapi tetep usaha dan jangan gampang nyerah. Kalo kamu udah dapet polanya, maka akan mudah nemuin hal penting untuk dicatet.
  • Jangan ragu bertanya. Gak perlu takut bertanya atau meminta guru mengulang penjelasan yang gak kamu mengerti. Kalo kamu malu nanyain di kelas, coba deh temuin guru setelah jam pelajaran dan meminta beliau mengulang secara singkat penjelasannya tadi.
  • Membandingkan. Jangan lupa membawa catetanmu ketika menelusuri buku pelajaran. Kemudian bandingkan hasil catetanmu dengan isi buku itu. Bisa jadi, kamu bakalan nambah catetan setelah membaca. Cara lain yang juga bisa dilakukan, adalah ngebandingin hasil catetanmu dengan catetan temen. Kalo ada yang beda. Segera tambahkan, dan jika ragu segera cari tahu faktanya.
  • Menyalin. Sewaktu mencatet di kelas, tulisan kita cenderung gak rapi karena harus mencatat cepat-cepat. Karenanya, pastiin catetan tersebut disalin agar terbaca dan seluruh catetan menjadi rapi, serta mudah dipahami ketika kamu mengulang pelajaran tersebut.
  • Buku berbeda.  Pastikan kamu memiliki buku catetan yang berbeda untuk mata pelajaran yang berbeda. Sehingga mudah menemukan kelanjutan pelajaran yang dicatet. Sehingga kamu memiliki buku pelajaran versi diri sendiri, yang tentunya lebih mudah dipahami karena dibuat berdasarkan kebutuhanmu.

Bikin catetan memang butuh usaha. Tapi manfaatnya pun sangat besar. Terlebih lagi ketika nyatet, otak kita pun memiliki kesempatan untuk menyerap ulang informasi yang kita terima. So, saat dibutuhkan informasi itu akan segera bisa kita gunakan! Bikin catetan yang rapi, yuuuk...

Related Articles