Menu

Sociolife

Tips Siap Menghadapi UAS

Mempersiapkan diri menghadapi UAS idealnya sih dilakukan sejak awal semester. Tapi, seringkali sudah melakukannya pun masih cemas? Berarti kita hanya perlu meyakinkan diri bahwa kita sudah siap. Hal ini bisa kita lakukan semalam sebelum UAS. Ini caranya.

  1. Nutrisi untuk otak. Malam menjelang UAS, kita bisa membantu otak kita untuk lebih mudah mengingat dan bekerja. Caranya adalah memberikan nutrisi yang tepat, mengonsumsi protein. Kita bisa bikin sendiri loh, karena sebenarnya sangat sederhana. Telor dadar atau orak-arik yang diberi campuran keju, kemudian lengkapi dengan secangkir teh hijau dan beberapa potong dark chocolate. Makanan ini akan membantu kerja memori, dan membuat kita kenyang cukup lama, dan tidak terputus berhenti belajar karena lapar.
  2. Atur bahan pelajaran. Pastikan semua bahan yang berhubungan dengan UAS besok ada di dekatmu, seperti; buku cetak, catatan, kertas soal dan hasil ulangan, juga tugas-tugas sepanjang semester ini. Jadi sesaat kamu membutuhkannya, sudah lengkap ada di dekatmu.
  3. Menyiapkan fisik. Hal ini berarti kita harus memastikan tubuh kita nyaman. Pakai baju yang tidak ketat, pergi ke kamar mandi dulu, dan siapkan air minum. Jadi, kita dapat berkonsentrasi belajar tanpa terganggu kebutuhan-kebutuhan dasar. 
  4. Pasang timer. Sebelum mulai belajar, atur alarm HPmu untuk berbunyi setiap 45 menit. Sebaiknya kita beristirahat 5 menit setelah belajar serius 45 menit. Hal ini penting agar mencegah kelelahan otak.
  5. Belajar strategis. Jika guru mata pelajaran memberikan acuan belajar, gunakan acuan itu. Tetapi jika tidak, kamu dapat menggunakan catatan, juga soal-soal ulangan harian atau test tengah semester. Jika kamu belajar bersama teman, cobalah untuk saling tanya - jawab. Cara ini lebih efektif untuk mengingat kembali materi pelajaran. Bisa juga minta bantuan Mama, Papa atau keluarga yang tidak sedang mempersiapkan UAS juga.
  6. Buat catatan penting. Selama belajar, kamu pasti menemukan sesuatu yang penting dan mungkin tidak mudah kamu ingat. Buat catatan tentang hal ini. Atau bikin highlight di buku catatan. Jadi kamu lebih khusus mempelajarinya, dan akan mudah mengulangnya jika diperlukan.
  7. Tidur cukup. Tak perlu lama-lama belajar. Segera tidur 8 jam sebelum saatnya kamu bangun besok pagi. Misalnya kamu harus bersiap-siap sejak jam 5, maka 8 jam sebelum jam 5 adalah jam 9 malam. Otak akan bekerja optimal jika diistirahatkan cukup.

So girls, ready for you last exam? Just do your best, and good luck!

Related Articles