Menu

Sex

Menstruasi Terlalu Deras

Terlalu Deras

 

Perdarahan menstruasi yang banyak dan deras, tentunya mencemaskan. Kondisi ini sebaiknya dipastikan agar kita tahu apakah masih wajar, atau justru perlu mendapatkan penanganan tepat. 

Sebenarnya darah menstruasi yang dikeluarkan tubuh peremuan setiap periode menstruasi, tidaklah banyak. Rata-rata setara 4 sendok makan, bisa lebih sedikit, tetapi bisa juga lebih banyak dibandingkan rata-rata tersebut. Ada saatnya di antara hari-hari menstruasi, darah mengalir lebih banyak, hal ini wajar. 

Dari sisi medis, menstruasi yang normal berlangsung tidak lebih dari 10 hari. Jika lebih dari jumlah hari tersebut, dan sepanjang menstruasi mengalami perdarahan deras, hingga perlu mengganti pembalut setiap kurang dari 1 jam, maka inilah yang disebut sebagai menorrhagia

Penyebab utama menorrhagia adalah kondisi ketidakseimbangan kadar hormon estrogen dan progesteron, yang menyebabkan lapisan dinding dalam rahim terbentuk terus menerus sehingga menebal. Akibatnya, ketika menstruasi terdapat banyak lapisan yang perlu dikeluarkan dari dalam rahim

Kondisi inilah yang perlu segera dikonsultasikan ke dokter. Selain menyeimbangkan kadar hormon reproduksi, dokter juga akan menyiasati gangguan kesehatan umum yang sering menyertai menorrhagia, yaitu anemia. Pekalah terhadap kondisimu, dan jangan segan meminta bantuan ibu untuk mengantarmu ke dokter. 

 

Related Articles