Menu

Reproductive Health

laurier menstruasi Terbukti  Aromaterapi Meredakan Nyeri Menstruasi 0

Terbukti: Aromaterapi Meredakan Nyeri Menstruasi

Aromaterapi adalah sari tumbuhan yang diambil dari bunga, daun, buah, getah, akar juga ranting. Sejak berabad-abad lalu, praktek kesehatan yang dilakukan oleh bangsa Tionghoa, Mesir, Babilonia dan India telah menggunakan aromaterapi. Bahkan di Azerbaijan diketahui bahwa saat seseorang sakit kepala, ia akan segera mandi dengan rendaman air mawar untuk menyembuhkannya.

Belum lama ini, para ahli dari dua universitas, masing-masing di Korea dan Inggris mengumumkan hasil penelitian dampak penggunaan aromaterapi pada 67 responden yang mengeluhkan nyeri dan kram perut saat menstruasi. Responden dibagi atas 2 kelompok; kelompok pertama memijat perut mereka dengan minyak pijat biasa, sedangkan kelompok kedua tidak menggunakan campuran minyak pijat dengan Lavender, Mawar dan Clary Sage. Responden kedua kelompok tersebut selalu mengusapkan perut mereka yang nyeri setiap hari selama 15 menit. Hasil yang didapatkan adalah;

- Pada hari pertama 1/3 responden dari kelompok kedua yang menggunakan campuran minyak aromaterapi Lavender, Mawar dan Clary Sage mengalami penurunann intensitas nyeri. Sedangkan responden dari kelompok kedua tidak mengalami perubahan intensitas nyeri.

- Pada hari kedua, responden dari kelompok yang menggunakan minyak aromaterapi mengalami penurunan nyeri hingga 12%, sedangkan responden dari kelompok pertama yang hanya menggunakan minyak pijat biasa hanya mengalami penurunan nyeri sekitar 15%

Penurunan intensitas nyeri dan kram perut tidak hanya terjadi akibat pijatan. Para peneliti menemukan bahwa aroma yang tercium merangsang otak menghasilkan sejenis hormon yang dapat membantu daya tahan tubuh mengatur ketahanan terhadap rasa nyeri. Inilah yang menyebabkan para responden yang memijat dengan campuran aromaterapi mengalami penurunan nyeri menstruasi lebih cepat. 

Anda ingin mencoba? Dalam catatan penelitian tersebut, para peneliti menuliskan racikan: 4 sendok makan minyak zaitun atau almon sebagai bahan dasar minyak pijat, yang kemudian dibubuhi 6 tetes minyak Lavender, dan masing-masing 3 tetes minyak Mawar dan Clary Sage.  Campurkan hingga merata, dan oleskan pada perut selama 15 menit, lakukan sejak 1 hari sebelum menstruasi, hingga nyeri hilang. 

Related Articles