Menu

Sex

Menstruasi Terangsang Apaan Tuh

Terangsang, Apaan Tuh?

Kata "terangsang" dan "rangsangan", seringkali muncul saat kita ngobrol bareng teman seputar topik-topik seksual. Misalnya aja, tentang adegan film, foto atau video artis tenar yang beredar di internet. Tetapi sebenarnya terangsang itu terjadi gak hanya kalo kita berhubungan dengan hal-hal seperti itu.

Terangsang adalah reaksi tubuh terhadap sesuatu, atau seseorang yang menarik bagi kita secara seksual. Hal ini bisa terjadi secara sadar atau tanpa disadari. Saat melihat cowok kelas sebelah yang ganteng dan jago basket lewat, tiba-tiba kita berangan-angan jadi pacarnya dan dunia indah. Jika sering mengalami kejadian seperti ini, berarti kamu udah terangsang.

Kondisi ini memang bukan bawaan dari kecil. Kita baru bisa mengalami hal ini pada usia remaja, tepatnya setelah memasuki masa puber. Pada rentang usia ini, terjadi perubahan komposisi hormonal tubuh. Kejadian inilah yang membuat kita menjadi mudah bereaksi terhadap berbagai hal yang tertangkap panca indera (mata, hidung, kulit).

Seringkali rangsangan itu memicu kita melakukan tindakan lain. Misalnya aja nih; pada saat jalan bareng pacar bergandengan tangan, kamu tiba-tiba ingin memeluknya. “Gandengan tangan” adalah rangsangan, dan “ingin memeluk” dikategorikan para ahli sebagai bentuk dorongan keintiman (desire) yang dipicu oleh rangsangan. Hal ini wajar karena manusia cenderung tertarik dan terdorong secara seksual pada manusia lain.

Tapi sekalipun wajar, sebaiknya kamu tidak sering-sering membiarkan diri “terangsang”. Karena hal ini menyebabkan dorongan seksual yang tidak selalu bisa dikendalikan, dan memicu berbagai dampak yang cenderung merugikan. So take care and be save, girl!

Related Articles