Menu

Sex

Menstruasi Susah Fokus Menjelang Menstruasi

Susah Fokus Menjelang Menstruasi

Girls, ada yang mengalami sulit fokus sampai-sampai susah banget mengingat-ingat pelajaran yang dibaca beberapa saat lalu? So, kalian gak sendirian. Sulit fokus atau gangguan konsentrasi memang tercatat sebagai salah satu gejala pra-menstruasi atau PMS, yang jarang disadari, karena tidak dirasakan mengganggu secara fisik. Jika kalian jeli, maka kalian bisa menentukan bahwa hanya beberapa hari setelah sulit berkonsentrasi, kalian akan menstruasi. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Kisahnya begini, dua minggu menjelang hari pertama menstruasi, kadar progesteron di dalam tubuh meningkat hal ini menyebabkan jumlah serotonin, yaitu zat pembawa pesan di otak menjadi tidak sebanding kadarnya dengan progesteron itu. Akibatnya, pesan ke otak menjadi lambat, daya ingat kita menjadi tidak setajam biasa, dan kemampuan konsentrasi menurun. Pendek kata, jadi susah fokus.

Hal ini adalah bagian dari proses alamiah yang terjadi di dalam tubuh kita, girls. Tapi, biar aktivitas kita tidak kacau, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meminimalkan susah fokus ini:

  • Cukup tidur. Otak beristirahat dan menyegarkan diri saat kita tidur. Jadi jika kita tidur cukup, maka kerja otak kita akan baik. Setidaknya sekalipun kerja serotonin melambat, otak kita bekerja optimal dan gak terlalu mengganggu konsentrasi juga daya ingat.
  • Catat segala sesuatu. Jika punya catatan, maka otak kita tidak perlu bekerja terlalu keras untuk mengingat banyak hal sekaligus. Jadinya bisa dioptimalkan untuk fokus dan berkonsentrasi pada hal-hal yang penting saja
  • Konsumsi protein. Tingkatkan asupan protein menjelang menstruasi. Protein adalah jenis nutrisi yang sangat dibutuhkan otak, sehingga kecukupannya sangat dibutuhkan, terlebih ketika kita sedang membutuhkan otak kita untuk bekerja dengan baik. Selain daging merah, susu dan makanan hasil olahan susu bisa menjadi pilihan, selain kacang-kacangan.

So girls, tak perlu cemas jika sudah melakukan saran-saran di atas dan tetap sulit fokus, cobalah beristirahat sebentar, lakukan stretching biar otak kita segar, sehingga bisa diajak belajar lagi.

Related Articles