Menu

Sex

menstruasi Sakit di Saat Menstruasi

Sakit di Saat Menstruasi

Sakit perut, pinggang, punggung, bahkan ada yang merasakan tegang dan nyeri di area organ intim. Kondisi ini selain tak nyaman, juga bikin kita cemas. Jangan-jangan ini hal yang tak wajar, dan menandakan kita mengalami gangguan kesehatan serius.

Rasa nyeri yang dikeluhkan itu, bersumber dari ketegangan yang terjadi pada otot perut. Saat berusaha mengeluarkan darah menstruasi dari dalam rahim, otot perut, lebih tepatnya otot rahim berkontraksi.

Kontraksi otot ini relatif sangat kuat, sehingga menyebabkan ketegangan. Sayangnya ketegangan itu tidak sekadar dialami oleh otot rahim. Tetapi otot penunjang, seperti otot pinggang, panggul bahkan kadang-kadang otot paha bagian atas, cenderung ikut menegang. Ketegangan otot inilah yang menimbulkan rasa nyeri.

Jika sulit untuk memahami, cobalah bayangkan nyeri otot yang kamu alami setelah berolahraga sangat berat. Biasanya jika jenis olahraganya atletik, lari; maka kamu akan merasakan pegal pada kaki selama beberapa hari kan. Jadi sama sekali bukan gangguan serius seperti yang sering dicemaskan.

Setiap kali nyeri di area perut, pinggang, pinggul atau area tubuh bawah lain, cobalah lakukan cara ini:

  1. Minum obat pereda nyeri. Pilih obat yang khusus dibuat untuk ngatasin nyeri haid. Konsumsi sesuai aturan yang ada di kemasan, sehingga obat ampuh bekerja.
  2. Kompresan panas. Karena penyebab nyeri perut menjelang menstruasi itu pangkalnya ketegangan otot, maka cara yang paling ok adalah menggunakan kompresan panas. Suhu panas bisa menurunkan tingkat ketegangan otot. Kalo otot udah gak tegang, maka otomatis sakitnya pun segera mereda.

Sekarang bisa dengan mudah mengatasi rasa nyeri kan girls! Jadi, gak perlu lagi merasa "terhambat" saat menstruasi.

Related Articles