Menu

Sex

Menstruasi Sahabat Saat Menstruasi

Sahabat Saat Menstruasi

Saat menstruasi, kita butuh sesuatu untuk menyerap darah yang keluar. Saat ini cewek di Indonesia umumnya menggunakan pembalut sekali pakai. Tetapi selain jenis pembalut ini, ternyata masih ada beberapa jenis “sahabat” cewek saat menstruasi. Mari kita bahas satu per satu:

Pembalut
Pembalut adalah benda yang dapat menyerap darah menstruasi. Bentuknya terlihat mirip lembaran. Dalam sejarahnya, pembalut dikenal 2 jenis, yaitu:

  • Pembalut yang dapat dipakai berulang. Jenis pembalut ini umumnya terbuat dari kain. Setiap kali setelah dipakai, dapat dicuci, kemudian dikeringkan dan dipakai kembali. Jenis pembalut ini dipakai dengan bantuan tali khusus atau kancing ke celana dalam; selain perlu dijaga secara tepat agar tetap steril ketika digunakan saat M. Duuuh, agak perlu usaha untuk dunia kita yang praktis sekarang ini.
  • Pembalut sekali pakai. Ini adalah jenis pembalut yang umum di negara kita. Jenis pembalut ini digunakan di luar tubuh, yang direkatkan di sisi dalam celana dalam dengan bahan perekat. Pembalut ini dibuat dari bahan yang dapat menyerap cairan dan dilengkapi dengan sayap atau yang biasa kita sebut wing sehingga pembalut lebih ‘erat’ merekat di celana dan tidak bergeser saat dipakai. Selain praktis, pembalut sekali pakai ini membuat cewek yang lagi M tetap dapat beraktivitas bebas, tanpa cemas. Setelah digunakan, pembalut tinggal dikemas rapi, dan dibuang ke tempat sampah. Selain itu, pembalut sekali pakai umumnya dikemas secara steril, sehingga bisa langsung dipakai kapan pun dibutuhkan. Sama sekali gak ribet kaaan. 

Pantyliner
Sekilas mirip pembalut, ukuran pantyliner jauh lebih kecil dan tipis. Biasanya digunakan untuk menjaga daerah kewanitaan agar tidak lembap dan bersih. Walaupun kecil, pantyliner punya manfaat besar buat kita. Ada 3 macam pantyliner yang dapat digunakan, yaitu pantyliner untuk dipakai sehari-hari, saat cairan sedang banyak maupun saat menjelang menstruasi atau sesudah menstruasi.

Pantyliner terbuat dari bahan yang hampir sama dengan pembalut; lembut dan dapat menyerap cairan. Menjelang menstruasi, pantyliner dapat diandalkan kalo sewaktu-waktu darah menstruasi keluar mendadak. Jadi kamu gak perlu lagi bolak-balik ke toilet cuma untuk ngecek apakah sudah dapet atau belum.

Setelah menstruasi pun pantyliner tetap diperlukan. Pasalnya darah menstruasi yang keluar sedikit-sedikit itu bikin kita malas pakai pembalut berukuran lebih besar dan bisa jadi lebih tebal. Nah, pada saat begini, pantyliners lah yang jadi penyelamat kita.

So… sekarang udah makin jelas kan kenapa kita gak cuma butuh pembalut aja, tetapi juga pantyliner. Mulai sekarang, siapkan keduanya di dalam emergency kit-mu ya…

Related Articles