Menu

Sociolife

Saat Sahabat Berbohong

Punya sahabat suka membanggakan diri berlebihan? Tak masalah sih jika hal yang dikatakan benar. Tapi jika sebaliknya, alias dia hanya mengarang cerita dan berbohong, bagaimana? Selain lama-lama lelah mendengarkannya, deg-degan juga kan dia alami masalah karena kebiasaannya itu. Lalu adakah cara membantunya agar tidak berulang-ulang melakukan kebiasaan buruk itu? Coba saja beberapa hal ini:

  1. Meminta fakta. Sesaat kita merasa sahabat sedang menceritakan sesuatu yang tidak benar, coba ingatkan dia untuk menunjukkan fakta tentang ceritanya itu. Jika dia tak bisa memberikannya, ingatkan bahwa orang akan menyangka dia hanya mengarang-ngarang cerita.
  2. Membelokkan percakapan. Sahabat mulai kelewatan mengarang saat bercerita di depan banyak orang, kamu sebaiknya mencoba mengalihkan topik pembicaraan. Maksudnya cuma satu, agar orang lain tidak menertawakannya. Jika kamu merasa sahabat sedang membual, maka orang lain pun akan merasakannya. Jadi, cobalah selamatkan dia. Upayakan topik pembicaraan yang kamu gunakan untuk pengalihan itu topik yang netral, sehingga semua orang bisa berpendapat sesuai fakta, dan menghentikan sahabat berbohong.
  3. Terus terang mengingatkannya. Katakan pada sahabat bahwa tahu ia sering membual dan tidak nyaman dengan kebiasaannya itu. Dengarkan penjelasannya tentang kebiasaannya itu, siapa tahu kita bahkan bisa membantunya mengatasi kondisi yang membuatnya merasa perlu bercerita melambung-lambung dan tak benar itu.

Hal yang penting untuk diingatkan pada sahabat, adalah bahwa kamu sayang padanya, dan tidak ingin membiarkannya menjadi bahan tertawaan orang lain; karena ia adalah sahabatmu.

Related Articles