Menu

Latest Research

menstruasi Risiko Kanker Payudara Dapat Diminimalkan Dengan Buah dan Sayur 0

Risiko Kanker Payudara Dapat Diminimalkan Dengan Buah dan Sayur

Perempuan yang mengonsumsi buah dan sayuran dalam jumlah banyak setiap hari memiliki risiko kanker payudara yang lebih kecil, dibandingkan perempuan yang mengonsumsi lebih sedikit buah dan sayur, menurut sebuah penelitian terbaru yang diselenggarakan oleh para peneliti dari Harvard T. H. Chan School of Public Health. Sayuran hijau seperti brokoli, dan sayuran berwarna kuning atau oranye, memiliki manfaat penting untuk menurunkan risiko kanker payudara.

"Sekalipun hasil penelitian sebelumnya telah menjelaskan hubungan tersebut, tetapi hasil penelitian itu terbatas hanya pada beberapa jenis buah dan sayuran, dan dampaknya pada beberapa jenis tumor saja," kata penulis utama Maryam Farvid, peneliti dari Department of Nutrition. "Penelitian ini memberikan gambaran yang lebih lengkap tentang manfaat mengonsumsi sayuran dan buah dalam jumlah banyak untuk mencegah kanker payudara." Lebih lanjut dijelaskan bahwa hasil penelitian ini dipublikasikan pada 6 Juli 2018 di International Journal of Cancer.

Metode penelitian yang dilakukan para peneliti adalah menganalisa data kesehatan para respoden dari kuesioner the Nurses' Health Study, yang diperbarui setiap 4 tahun. Jumlah responden peneliian ini adalah 88.301, dan penelitian tersebut sudah dimulai sejak tahun 1991. Data penting lain yang berhubungan dengan faktor risiko kanker, seperti usia, berat badan, kebiasaan merokok dan sejarah kanker keluarga didapatkan dari kuesioner lain yang diperbarui setiap 2 tahun.

Berdasarkan pengamatan tersebut, pada peneliti menemukan bahwa perempuan yang makan 5.5 porsi buah dan sayur setiap hari memiliki risiko kanker payudara yang 11% lebih rendah dibandingkan perempuan yang hanya mengonsumsi 2.5% porsi sayur dan buah. Takaran porsi buah dan sayur yang dimaksudkan adalah  1 cangkir sayuran hijau yang segar, satu setengah cangkir sayuran atau sayuran yang telah dimasak, atau setengah cangkir buah potong atau yang telah dimasak.

Untuk memastikan apakah manfaat konsumsi buah dan sayuran pada setiap jenis kanker payudara, para peneliti menganalisa status hormon reseptor tumor dan subjenis molekulnya. Ditemukan bahwa responden yang mengonsumsi buah dan sayuran dalam porsi banyak memiliki risiko kanker ganas yang relatif kecil. Hasil penelitian terdahulu sebenarnya telah menghubungkan penurunan risiko kanker payudara dengan asupan serat yang tinggi, tetapi manfaat sayur dan buat yang ditemukan pada penelitian ini berbeda. Penelitian ini menemukan bahwa kandungan sayur dan buah selain serat, seperti; antioksidan dan mikronutrisi juga berperan penting meminimalkan risiko kanker payudara.

Related Articles