Menu

Sex

menstruasi Rahasia Darah Menstruasi

Rahasia Darah Menstruasi

Kaget karena tiba-tiba darah menstruasi terlihat banyak, berwarna kehitaman dan menggumpal. Biasanya terjadi setelah nyeri perut hebat. Wajarkah kondisi ini?

Hal utama yang harus kita ingat, bahwa menstruasi pada dasarnya adalah proses membersihkan rahim; organ reproduksi yang penting, tempat janin bertumbuh jika terjadi pembuahan. Alasan utama rahim perlu dibersihkan, adalah agar siap memasuki periode reproduksi selanjutnya, karena setiap periode reproduksi, janin selalu menyiapkan diri untuk menampung janin. Jika tidak ada janin yang bertumbuh, seluruh persiapan itu harus dibersihkan. Proses ini akan selalu berulang, dan kita sebut sebagai menstruasi.

Mentruasi bukan hanya darah. Penjelasan di atas tentunya sudah memberi gambaran bahwa ketika rahim dibersihkan, maka tidak hanya darah yang akan keluar dari dalam rahim, melainkan juga unsur-unsur persiapan rahim untuk menampung janin. Unsur yang paling banyak adalah selaput dalam dinding rahim. Inilah yang terlihat sebagai zat agak padat, mirip gel, dan berwarna lebih gelap dari darah. Biasanya, sebelum selaput dalam dinding rahim ini keluar otot rahim akan berkontraksi sangat intens sehingga perut terasa tegang dan sangat sakit. Situasi ini menyebabkan banyak cewek cemas, karena kemudian disusul keluarnya gumpalan darah. Sekarang, sudah tahu kan girls, bahwa ini adalah kondisi yang normal.

Aroma menstruasi tak akan tercium. Selama tidak bersentuhan dengan udara, langsung diserap pembalut yang kita pakai, aroma cairan menstruasi sama sekali tidak akan tercium. Aroma itu baru akan tercium jika ada kontak dengan udara. Jadi, saat kita pipis, atau akan mengganti pembalut, dan mencium aroma darah menstruasi, maka sebenarnya baru saat itulah aroma tercium, karena pembalut terbuka dan bersentuhan dengan udara. Jadi tak usah cemas ada orang lain yang menciumnya.

Pastikan saja tidak lupa mengganti pembalut paling lama 4 jam sejak pertama digunakan, agar kita tetap merasa bersih, segar, dan tak takut bocor karena pembalut baru siap menampung aliran darah menstruasi.

Related Articles