Menu

Reproductive Health

Pola Makan Tepat, Ampuh Atasi PMS

Sebuah hasil penelitian di awal tahun 2009 menyimpulkan bahwa lebih dari 85% perempuan di seluruh dunia mengalami PMS, tetapi hanya sekitar 8% yang mengalami PMS berat yang mengganggu aktivitas rutin. Sekalipun demikian, dunia kedokteran berusaha menemukan berbagai cara untuk membantu perempuan mengatasi PMS, agar senantiasa bisa produktif dan tidak terganggu karena PMS.

Asupan gizi berimbang menjadi salah satu cara yang dianggap ampuh untuk mengatasi PMS, karena diketahui zat-zat nutrisi dapat membantu tubuh meningkatkan produksi hormon tertentu, seperti serotonin yang berfungsi sebagai penyeimbang ketika kadar hormon reproduksi meningkat sangat tinggi dan menyebabkan PMS.

Mari kita kenali jenis-jenis makanan yang bisa mengatasi PMS secara alami:

  • Asupan makanan bernutrisi yang mengandung kacang-kacangan, buah, sayur, protein dan berbagai produk olahan susu juga susu mengandung Kalsium dan Kalium yang bisa mengatasi pembengkakan pada payudara dan kembung.
  • Mengonsumsi telur, kentang dan wortel, adalah cara yang tepat untuk mengingkatkan asupan vitamin B6 ke dalam tubuh. Unsur nutrisi ini memicu produksi hormon serotonin di dalam tubuh yang bisa mencegah terjadinya perubahan emosi.
  • Pada saat menstruasi, mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dalam jumlah berlebih juga dapat membantu meningkatkan hormon serotonin di dalam tubuh.
  • Jika tidak bisa memastikan pemenuhan unsur-unsur nutrisi ini dalam bentuk makanan selama menstruasi, mengonsumsi suplemen multivitamin sangat disarankan.
  • Sebaliknya disarankan untuk tidak mengonsumsi banyak gula, garam, alkohol dan kafein; karena jenis asupan tersebut diketahui dapat meningkatkan risiko PMS menjadi lebih berat. 

Related Articles