Menu

Sociolife

Please, Deh...Aku Udah Gede!


 

Sepertinya ortu memang selalu ingin tahu apapun yang kita kerjakan. Mama nanya apa yang lagi dikerjain, dengan siapa aja kita bakal jalan-jalan ke mal? Atau untuk hal-hal tertentu, kita malah dilarang; dengan alasan, masih kecil.

Bisa jadi bener kalo kejadiannya kita ngotot nyetir sendiri, padahal belum punya sim. Tetapi kalo hanya urusan milih baju yang mau dipake, masa sih masih diatur juga?!

Dalam hati kita pasti bilang… Please deh, mam. Aku kan bukan balita lagi. Aku udah tahu mana yang boleh dan mana yang gak! So, tunjukin dong sama mereka. Caranya?

  • Berlaku bijak. Bukan berarti kamu jadi sok tua dan nasehatin teman. Tetapi dalam hal ini bersikap wajar. Misalnya kamu minta izin nginep di rumah teman, dan gak diizinkan; jangan langsung ngambek. Coba jelasin alasanmu, dan pastikan mereka pun bisa menjelaskan dasar dari larangan mereka. Saling mendengarkan adalah salah satu tanda kebijakan. Dan hal ini hanya dapat dilakukan oleh seseorang yang sudah “matang”.  Cara lain yang bisa dilakukan, adalah mengundang temanmu untuk nginep di rumahmu. Setelah mereka mengenalnya, tentulah mereka tidak akan terlalu keberatan jika temanmu memang “anak baik”.
  • Cari saat tepat. Waktu menyampaikan keinginanmu, pastiin bahwa ortu sedang tidak sibuk. Orang yang sedang sibuk tidak akan memperhatikan hal lain selain aktivitasnya. Kamu harus jeli menggunakan suasana, dan memantau mood ortu. Emang sih, mesti menunggu karena gak selalu tepat saatnya. Tetapi menahan diri, adalah salah satu hal yang perlu dilakukan. Dan ini hanya dapat dilakukan secara baik jika kita bisa mengendalikan diri sendiri.
  • Penting untukmu. Saat meminta izin untuk melakukan sesuatu, jelasin pentingnya hal tersebut untukmu. Cara ini akan membuat mereka tahu bahwa kamu sungguh-sungguh ingin melakukan hal tersebut, tidak karena sekadar ikut-ikutan teman. Ortu biasanya akan lebih mudah meluluskan sesuatu jika tahu bahwa kita benar-benar membutuhkannya; jadi gak akan sia-sia izin atau benda yang diberikan pada kita.

 

Jika cara ini berhasil kamu terapkan pada suatu hal, cobalah untuk bijak menahan diri sebelum meminta hal lainnya. Patuhilah aturan dan petunjuk yang ditetapkan ortu, karena untuk banyak hal, remaja seperti kita memang masih perlu diatur. Jadi, bersabar dan gunakan kesempatan yang kamu dapatkan dari ortu secara benar.

Related Articles