Menu

Latest Research

mentruasi Perempuan yang Aktif di Pagi Hari Punya Risiko Lebih Kecil Alami Kanker Payudara

Perempuan yang Aktif di Pagi Hari, Punya Risiko Lebih Kecil Alami Kanker Payudara

Berdasarkan penelitian terbaru yang telah dipresentasikan pada konferensi Kanker NCRI di awal Desember 2018, para ahli menyatakan perempuan yang aktif sejak pagi hari cenderung memiliki risiko kanker payudara yang lebih kecil, dibandingkan perempuan yang baru mulai aktif setelah siang hari.

Fakta ini bermula dari penelitian yang dilakukan oleh Dr Rebecca Richmond, seorang peneliti di Program Integritas Kanker Epidemiologi Penelitian Kanker UK dan Unit Integratif Epidemiologi MRC di Universitas Bristol, Inggris. Bersama tim penelitinya, Rebecca mengamati data 180.215 responden perempuan yang terdaftar di proyek Biobank Inggris, dan 228.951 data perempuan lain yang menjadi bagian dari studi asosiasi genome kanker payudara yang dilakukan oleh International Breast Association Association Consortium (BCAC). Penelitian ini kemudian diketahui merupakan pengumpulan data genetik terbesar tentang perempuan dan kanker payudara.

Pengamatan ini berusaha menyelidiki kemungkinan tidur menjadi salah satu faktor yang menyebabkan kanker payudara; terutama tentang durasi tidur seorang perempuan. Menggunakan varian genetik yang terkait dengan faktor risiko yang mungkin, seperti karakteristik tidur, dan analisis pengacakan Mendel, para peneliti kemudian menemukan kecenderungan bahwa perempuan yang aktif pagi hari, memiliki risiko kanker payudara lebih rendah 40% dibandingkan perempuan yang baru aktif siang hari hingga malam. Juga ditemukan bahwa perempuan yang tidur lebih lama dari 7 - 8 jam tujuh hingga delapan jam memiliki peningkatan risiko sebesar 20% per jam waktu tidur tambahan.

Menurut Rebecca, penemuan ini bukan berarti jika seorang perempuan mengubah pola tidurnya dengan bangun lebih pagi, dan mengurangi waktu tidurnya maka ia akan terhindar dari kanker payudara, tetapi setidaknya setiap perempuan tahu bahwa kebiasaan tidur hingga siang hari dan waktu tidur yang lama berisiko. Dan perempuan yang bekerja shift malam hari, memiliki risiko besar karena pekerjaannya.

Related Articles