Menu

Latest Research

menstruasi Penyebab Perempuan Lebih Sering Alami Infeksi Saluran Kemih

Penyebab Perempuan Lebih Sering Alami Infeksi Saluran Kemih

Hingga saat ini fakta ilmu kedokteran menyatakan bahwa sepanjang hidupnya, seorang perempuan berisiko mengalami infeksi saluran kemih sebesar 60%, dibandingkan lelaki. Para ahli kesehatan cenderung beranggapan bahwa posisi saluran kemih perempuan yang pendek, dan letaknya yang cenderung menyatu di bagian ujung luar dengan saluran reproduksi adalah faktor pemicu utama infeksi.

Namun, sebuah penjelasan yang dirilis oleh the Society for Women's Health Research's Interdisciplinary Network on Urology Health in Women dan terbitkan pada edisi online the Biology of Sex Differences Journal pada pertengahan November 2018, menjelaskan hal tersebut tidak benar. Kondisi tersebut cenderung dipengaruhi fungsi dan sifat sel biologis yang berbeda pada perempuan dan lelaki.

Menurut para ahli dari lembaga tersebut, risiko infeksi saluran kemih yang lebih besar dihadapi perempuan, karena adanya perbedaan non-anatomis, yaitu; reaksi sistem reticuloendothelial, bagian dari sistem kekebalan tubuh, yang berada di jaringan saluran kemih; yang bereaksi berbeda terhadap jenis mikroba pemicu infeksi. Alih-alih mematikan, sistem ini justru mendorong mikroba berkembang.

"Selain perbedaan anatomi, perbedaan pada perempuan dan lelaki juga terjadi pada level sel di saluran kemih bagian bawah ini," ungkap Margot S. Damaser, PhD,  seorang profesor di Cleveland Clinic dan peneliti senior di Cleveland VA Medical Center, yang menulis artikel tersebut. "Perbedaan ini perlu diperhitungkan ketika menangani gangguan saluran kemih agar perempuan mendapatkan penanganan yang optimal."

Artikel tersebut kemudian mendorong para peneliti untuk melanjutkan penelitian ke arah yang lebih detail untuk mendapatkan informasi tentang kemungkinan adanya peran hormon reproduksi terhadap kerentanan perempuan mengalami infeksi saluran kemih. Jadi, ternyata perempuan tak cukup hanya perlu memastikan kebersihan. Kesehatan secara keseluruhan menjadi penting untuk melindungi diri dari serangan mikroba pemicu infeksi saluran kemih.

Related Articles