Menu

Reproductive Health

menstruasi penyebab gatal di organ intim

Penyebab Gatal di Organ Intim

Sekalipun rasa gatal pada vagina ini umumnya bisa diatasi sendiri, yaitu dengan memilih produk kebersihan yang tepat, dan mengganti baju dalam secara teratur, tetapi pada kondisi tertentu, jika dipicu oleh infeksi, sebaiknya tetap diperiksakan ke dokter. Secara umum, ini adalah 3 faktor pemicu gatal di area vagina:

  • Infeksi Penyebab utama gatal-gatal pada area vagina adalah infeksi. Kondisi ini bisa disebabkan karena infeksi ragi/yeast yang disebabkan oleh Candida albicans, bakteri dan sejenis protozoa yang disebut Trichomans. Cairan vagina yang di produksi setelah vagina terinfeksi menyebabkan rasa gatal yang luar biasa, dan infeksi sekunder akan terjadi ketika terjadi luka setelah seseorang menggaruk. Salah satu gejala infeksi vagina yang paling nyata adalah cairan vagina yang berubah warna. Pada dasarnya cairan vagina yang normal adalah bening. Infeksi ragi/yeast menghasilkan cairan vagina berwarna kekuningan, sementara infeksi bakteri Trichomans menyebabkancairan vagina berubah warna menjadi kekuningan atau kehijauan.
  • Iritasi Penyebab kedua yang paling umum adalah iritasi yang disebabkan oleh bahan kimia, seperti parfum yang terkandung pada produk-produk yang berhubungan dengan vagina, seperti; tisyu, pantyliner, pembalut, cairan pembersih, detergen atau bahkan pelembut pakaian yang digunakan saat mencuci underwear.
  • Perubahan Hormon Kondisi ini cenderung hanya dialami perempuan pada masa menopause. Pada fase tersebut terjadi penipisan dinding saluran vagina, dan cairan vagina di produksi lebih sedikit dibandingkan pada masa produktif. Kondisi ini menyebabkan vagina menjadi lebih kering, dan terasa gatal.

Related Articles