Menu

Sex

Menstruasi Olahraga Sepanjang Siklus Menstruasi

Olahraga Sepanjang Siklus Menstruasi

Olahraga adalah salah satu hal yang disarankan untuk menjaga tubuh tetap sehat. Namun menjelang dan saat menstruasi kebanyakan cewek memilih rebahan dan bergelung, karena mengalami nyeri. Sebagian cewek merasa lemas dan tidak nyaman bergerak, sebagian lagi segan berolahraga karena berpendapat aktivitas fisik bisa memicu nyeri menjadi-jadi. Padahal jika kita tahu cara yang benar , maka berolahraga dapat dan perlu dilakukan sepanjang siklus menstruasi.

Saat Menstruasi. Pada periode ini, mulai terjadi proses pematangan sel telur di dalam indung telur, di sisi lain kadar hormon estrogen sedang sangat rendah, sehingga tubuh menggunakan karbohidrat menggantikan lemak. Inilah saat yang tepat untuk melakukan jenis-jenis olahraga yang membutuhkan kecepatan gerak tubuh, seperti interval training atau high energy cardio.

Periode ovulasi. Kadar estrogen tubuh melonjak sangat tinggi saat ini untuk mendorong sel telur keluar dari indung telur, namun di sisi lain memengaruhi kelenturan otot hamstring (otot di bagian paha belakang yang memanjang dari panggul hingga lipatan lutut) membuatnya menjadi lebih lemah, sehingga meningkatkan risiko terjadinya cedera lutut. Berenang dan jalan kaki bisa menjadi pilihan olahraga yang tepat saat ini. Jika harus melakukan olahraga yang bergerak cepat, pastikan melakukan pemanasan yang benar.

Masa persiapan menstruasi dan PMS. Pada saat ini kadar hormon progesteron di dalam tubuh kita meningkat, dan estrogen menjadi sangat rendah. Kondisi ini membuat kita merasa lebih lambat bergerak, terutama jika kita melakukan olahraga yang membutuhkan gerakan cepat. Kondisi ini terjadi, karena tubuh menggunakan lemak sebagai sumber pembakaran. Pastikan tetap berolahraga, apapun pilihan kalian, jangan tergoda untuk mager.

Related Articles