Menu

Sex

menstruasi Berdaya Serap Tinggi Bukan Berarati Selalu Kering

Berdaya Serap Tinggi, Bukan Berarti Selalu Kering

Saat ini banyak banget merk pembalut yang di pasaran, maka tak heran jika kita “tertantang” untuk mencobanya satu per satu. Tetapi jika kurang berhati-hati dan salah memilih pembalut, kita bisa aja mengalami infeksi, iritasi, atau vaginitis di area vital kita itu. So, baiknya sih kita memilih pembalut yang tepat, alias aman buat kesehatan alat vital kita.

Namun sebelum menentukan pilihan, sebaiknya kenali dulu bentuk tubuh dan pola menstruasimu. Sebab, panjang dan volume menstruasi setiap cewek berbeda. Ada yang ngalamin "banjir" pada tiga hari pertama, kemudian makin sedikit hingga akhirnya berhenti, tapi ada pula yang sedang-sedang saja selama masa menstruasi.

Berikut trik memilih pembalut yang aman:

  • Pilih pembalut sesuai kebutuhan. Pembalut dengan ukuran ekstra tebal dipakai saat volume darah menstruasi banyak atau di malam hari. Beberapa merk menyediakan pembalut bersayap, yang membantu pembalut melekat lebih sempurna pada celana dalam dan juga mencegah rembesan yang menodai celana dalam. Tetapi kalau volume darah menstruasi tidak terlalu banyak, kamu bisa pakai pembalut yang lebih tipis.
  • Pilih yang nyaman dipakai dan tidak gampang mengerut. Patokan pembalut yang nyaman dipakai, adalah pembalut yang tidak mengganggu aktivitas sehari-hari. Jika pembalut yang dipakai mudah mengerut, maka kebocoran rentan terjadi.
  • Pilihlah pembalut berdaya serap tinggi. Tapi ingat, pastikan pembalut berdaya serap tinggi itu kering permukaanya. Permukaan pembalut kering memperkecil risiko lembap dan iritasi.
  • Kemasannya tertutup rapat. Sekecil apa pun itu. Kerusakan kemasan, seperti lubang, bisa jadi celah masuk bakteri yang terbawa debu. Penggunaan pembalut berkaitan dengan permukaan kulit organ tubuh yang relatif sensitif, makanya higienitasnya harus terjaga.
  • Pilihlah pembalut dari bahan sangat lembut dan lentur. Ini akan mengurangi faktor iritasi pada daerah kulit vagina.

Related Articles