Menu

Lifestyle Updates

menstruasi Negara Asia Tenggara yang Punya Hari Libur Terbanyak di 2019

Negara Asia Tenggara yang Punya Hari Libur Terbanyak di 2019

Siapa sih yang gak suka libur? Kita jadi punya waktu untuk sedikit bernapas lega dari deraan tugas-tugas rutin. Nah, sebuah situs berbasis regional Asia Tenggara baru saja merilis daftar peringkat negara dengan hari libur terbanyak di 2019. Bisa menerka negara manakah itu?

  • Vietnam: 11 Hari. Negara ini hanya punya 11 hari libur. Fakta ini membuat Vietnam menjadi negara yang punya hari libur paling sedikit dibandingkan dengan negara-negara Asia Tenggara lain. Jumlah libur terpanjang di Vietnam pada 2019 adalah 5 hari untuk merayakan Tet Nguyen Dan atau Tahun Baru Vietnam.
  • Laos: 13 Hari. Hari libur Nasional di negara ini cuma 13 hari saja. Periode libur terbanyak Laos akan berlangsung pada saat yang sama dengan perayaan di berbagai negara, seperti; Sri Lanka, India, Myanmar, Kamboja, dan Thailand. Hari libur itu dikenal sebagai festival Pimai, yang juga disebut sebagai Songkran. Hari libur sebanyak 3 hari itu jatuh pada 14-16 April.
  • Singapura: 14 Hari. Dikenal sebagai negara paling efektif menggunakan waktu, tak heran jika Singapura memiliki jumlah hari libur yang relatif sedikit. 14 hari saja. Hari libur terpanjang akan dinikmati masyarakat Singapura selama perayaan Tahun Baru Cina, yaitu selama 2 hari, pada tanggal 5 - 6 Februari.
  • Brunei: 19 Hari. Rakyat Brunei memiliki 19 hari libur tahun 2019, dan sebagai negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam, maka liburan yang paling lama akan dirasakan rakyat Brunei pada saat Idul Fitri, yaitu tanggal 5 - 8 Juni.
  • Indonesia: 20 Hari. Berdasarkan surat keputusan pemerintah yang telah dikeluarkan, maka negara kita resmi memiliki 20 hari libur, dan yang paling lama akan berlangsung antara 3 - 7 Juni, bertepatan dengan perayaan Lebaran.
  • Filipina: 21 Hari. Filipina adalah negara dengan mayoritas penduduk beragama Kristen - lebih dari 90% - maka hari libur umum berhubungan dengan perayaan hari keagamaan. Filipina adalah satu-satunya negara di dunia yang mengesahkan liburan untuk hari Kamis Putih, hari Kamis menjelang perayaan Paskah.
  • Myanmar: 25 Hari. Negara dengan mayoritas penduduk pemeluk Buddhis ini memiliki kebiasaan yang terikat dengan siklus bulan, dan memiliki beberapa perayaan yang berhubungan dengan bulan purnama, yaitu; Tabaung, Kasong, Waso, Thadingyut, dan Tazaungmone. Ke-5 perayaan itu dianggap penting dan setiap orang disarankan untuk mengamati bulan purnama.
  • Thailand: 26 Hari. Hari libur nasional di Thailand hanya berjumlah 20 hari saja, tetapi ada 6 hari libur yang dirayakan di provinsi tertentu. Hari libur terbesar mereka jatuh pada saat festival Songkran. Festival ini serupa dengan perayaan yang dilakukan di Laos dan Myanmar.
  • Kamboja: 31 Hari. Sama seperti negara tetangganya, yaitu; Thailand, Laos, Myanmar, da Vietnam; Kamboja juga merayakan pergantian tahun baru antara 14-17 April. Selain liburan keagamaan internasional, Kamboja juga menetapkan hari libur nasional untuk merayakan Hari Anak dan Hari Hak Asasi Manusia pada tahun 2019 ini.
  • Malaysia: 50 Hari. Malaysia adalah negara di Asia Tenggara yang memiliki hari libur terbanyak. Sebenarnya hari libur itu berhubungan dengan 3 hari perayaan besar, yaitu Hari Raya, Tahun Baru Cina dan Deepvali. Secara nasional sebenarnya, Malaysia hanya memiliki 20 hari libur, karena beberapa negara bagian tidak menetapkan liburan dan memutuskan untuk tetap bekerja seperti biasa. Sebaliknya, ada beberapa negara bagian yang memiliki libur khusus, yang tidak berlangsung secara nasional. Tetapi jika semua hari libur itu dijumlahkan, maka total hari libur yang ada di Malaysia adalah sebanyak 50. Luar biasaaaa!

Nah, seru-seru kan perayaan liburan di negara tetangga? Ada yang ingin kamu datangi? Segera buat rencana, mumpung ini masih awal tahun.

Sumber: mashable.com

Related Articles