Menu

Latest Research

Misteri BRCA1, Gen Pemicu Kanker Payudara Terungkap

Sudah sejak 20 tahun lalu, para ahli menemukan bahwa pemicu terjadinya kanker payudara adalah gen BRCA1. Tetapi belum juga ditemukan kunci mengendalikan gen tersebut, agar dapat mengatasi perubahan sel yang terjadi dan mengobati kanker payudara.

Namun, dalam jurnal medis terbatas, the Journal Nature yang diterbitkan pada 4 Oktober 2017 lalu, telah dirilis sebuah artikel berupa laporan penelitian tim peneliti dari Yale University yang menyatakan mereka telah menemukan mekanisme mutasi gen BRCA1 ini, sehingga bisa menemukan cara menghentikan mutasi, menemukan obat untuk melawan kanker payudara, juga indung telur

"Saat ini telah ditulis sekitar 14.000 hasil peneitian tentang BRCA1, tetapi sesungguhnya para peneliti belum mengetahui segalanya tentang gen itu, kata Patrick Sung, salah satu penulis laporan penelitian, yang juga seorang profesor di bidang molecular biophysics and biochemistry and of therapeutic radiology dan anggota the Yale Cancer Center.

Dalam laporan penelitian itu dijelaskan bahwa para peneliti menemukan peran BRCA1 dalam perbaikan DNA dan proses penekanan tumor. Faka ini adalah bukti pertama bahwa risiko kanker dapat diwariskan. Lebih lanjut Prof. Sung menjelaskan dalam laporan penelitian mereka bahwa BRCA1 membutuhkan waktu untuk berinterkasi terhadap BARD1 agar gen memperbaiki kerusakan DNA yang disebabkan oleh tekanan endogen dan gangguan lingkungan akibat paparan radiasi.

"Mengetahui mekanisme BRCA1 memperbaiki DNA akan membantu peneliti lebih efisien menemukan obat untuk menghentikan sel kanker," urai Profesor Sung dalam laporannya. "Memahami mekanisme ini akan membuat para dokter dapat memperkirakan risiko setiap pasien mengalami kanker."

Related Articles