Menu

Sex

menstruasi Meriang dan Sakit Menjelang Menstruasi 0

Meriang dan Sakit Menjelang Menstruasi

Keluhan nyeri perut dan pusing menjelang menstruasi, sudah bukan gejala yang menyebabkan para cewek bingung. Aaah.. PMS nih! Biasanya kita segera tahu. Tetapi, jika tiba-tiba meriang dan panas... tubuh lemas seakan sakit, bisa bikin panik.

Sebenarnya, kondisi ini juga terkategori sebagai PMS. Meriang, diikuti peningkatan suhu tubuh terjadi akibat kerja hormon-hormon reproduksi menjelang menstruasi. Kali ini pemicunya bukanlah progesteron atau estrogen, melainkan prostaglandin.

Prostaglandin adalah hormon yang diproduksi tubuh beberapa saat sebelum menstruasi. Fungsi utamanya adalah merangsang kontraksi otot rahim agar meluruhkan selaput dinding dalam rahim, agar rahim bersih dan siap memulai siklus reproduksi yang baru. Ini sebenarnya proses utama menstruasi. 

Sayangnya, prostaglandin mudah menyusup ke dalam darah dan saat beredar di aliran darah, bisa memengaruhi organ terdekat seperti usus contohnya, dan menyebabkan kontraksi yang sama. Akibatnya pada saat yang sama, terjadi juga kontraksi usus  dan memicu keluhan yang serius menjelang menstruasi, seperti; kram usus, diare, mual, dan muntah-muntah. Singkat kata, kita merasa sangat tidak sehat, dan tidak nyaman.

Jika mengalami hal ini, sangat disarankan mengonsumsi jenis pereda nyeri yang dibuat khusus untuk menstruasi, atau nama generiknya adalah ibuprofen 3 kali sehari, selama setidaknya 3 hari berturut-turut sebelum menstruasi. Langkah ini diketahui dapat mencegah dampak reaksi prostagladin itu. Sehingga menstruasi bisa dilalui tanpa gejala demam dan flu.

Related Articles