Menu

Sex

Menstruasi Menyingkirkan Jerawat Menstruasi

Menyingkirkan Jerawat Menstruasi

Jerawat adalah salah satu masalah umum yang dialami cewek menjelang menstruasi. Jerawat muncul karena gejolak kadar hormon reproduksi yang biasanya terjadi menjelang menstruasi memicu produksi minyak kulit. 

Produksi minyak kulit ini memerangkap kotoran dan kulit mati, sehingga menutup pori-pori di kulit wajah. Pori-pori kulit yang tertutup kotoran itu kemudian jika dimasuki bakteri, akan meradang, dan terbentuklah jerawat. Hal ini tentu saja dapat dicegah. Caranya pun sangatlah mudah:

  • Gunakan pembersih wajah antijerawat untuk membersihkan wajah. Jenis pembersih ini mengandung astringent untuk menutup pori-pori. Bakteri pemicu jerawat masuk dari pori-pori, dan astringent mencegah hal itu terjadi.
  • Konsumsi vitamin B6 dan Asam Folat. Kedua jenis vitamin itu bisa mencegah sensitivitas kulit yang terjadi berlebihan, dan mencegah terbentuknya jerawat sebelum dan semala menstruasi.
  • Berolahraga sercara teratur. Aktivitas fisik seperti erobik, berjalan dan joging dapat mengatur kadar hormon setelah menstruasi dan selanjutnya menyembuhkan jerawat, melancarkan sirkulasi darah di bawah kulit sehingga terlihat sehat dan bebas jerawat.
  • Mengonsumsi makanan sehat dan segar. Makanan olahan dan kalengan sangat mungkin mengandung zat kimia yang membahayakan kulit dan memicu jerawat. Konsumsi makanan sehat secara rutin; buah segar, sayuran hijau dan biji-bijian dan makanan yang mengandung Omega-3 seperti Almon, kacang-kacangan karena berdampak menyehatkan kulit. 

Lakukan langkah-langkah ini secara teratur dan tetap, maka kulit wajah akan kembali bersih, bebas jerawat

 

Related Articles