Menu

Reproductive Health

Menstruasi Menyiasati Pergolakan Hormon Bulanan

Menyiasati Pergolakan Hormon Bulanan

Kondisi emosi yang terganggu menjelang menstruasi, sebenarnya hanya salah satu dampak dari fluktuasi kadar hormon pada masa itu. Ketidaknyamanan lain yang dirasakan antara lain adalah; kembung, migrain atau letih, lesu dan nyeri. Hal ini terjadi karena progresteron tiba-tiba melonjak tinggi, sedangkan estrogen drop. 

Tetapi segera saja setelah fase menstruasi berlalu dan kadar hormon kembali seimbang, hidup kita kembali tentram. Sekalipun masa itu hanya berlangsung beberapa hari, kita cenderung merasa lepas kendali atas tubuh sendiri. Gak OK banget jadinya....menurut Rebecca Booth, MD, seorang ginekolog yan menulis buku The Venus Week: Discover the Powerful Secret of Your Cycle...at Any Age, kondisi tidak nyaman ini bisa diatasi dengan beberapa hal praktis:

1. Asupan estrogen
Kacang-kacangan, dan biji-bijian sebenarnya memiliki kandungan estrogen, dikenal sebagai phytoestrogens, dan dapat membantu menyeimbangkan kadar hormon reproduksi me njelang menstruasi ini. Pastikan saja Anda memasukan 2 porsi kacang-kacangan dan biji-bijian, termasuk kedelai sejak 2 minggu sebelum hari pertama menstruasi, maka menstruasi Anda akan berlangsung bebas gangguan.

2. Say Spa-a-ah
Seminggu sebelum hari pertama menstruasi, sebaiknya Anda melakukan perawatan kulit tubuh dan wajah. Biasanya setelah memanjakan diri, kita merasa lebih nyaman dan cantik.

3. Tetap langsing
Menjelang menstruasi lingkar pinggang cenderung bertambah, karena terjadi pengumpulan cairan di dalam rongga perut. Merasa tidak nyaman? Cobalah mengonsumsi beberapa potong dark chocolate setiap hari sejak satu minggu sebelum hari pertama menstruasi, hingga akhir masa menstruasi. Menurut dr. Rebecca hal ini disebabkan karena kandungan flavonoid yang ada di dalam dark chocolate, akan membantu tubuh mengurai karbohidrat lebih cepat, dan meminimalkan pengumpulan cairan.

4. Makan ikan bikin happy & bersinar
Ternyata bad mood pra-menstruasi yang bikin kita sering diolok-olok itu, bisa diatasi dengan banyak makan ikan. Dua minggu sebelum hari pertama menstruasi, cobalah untuk makan ikan setidaknya 3 kali seminggu. Jenis ikan yang disarankan adalah ikan laut yang mengandung banyak unsur Omega 3. Jika sulit menemukan ikan, kita bisa mendapatkan jenis mineral ini melalui suplemen. Selain terlepas dari siksaan bad mood, ternyata Omega 3 pun bermanfaat menutrisi kulit dan rambut. Jadi, tak hanya hepi, kita pun akan terlihat cantik.

Related Articles