Menu

Reproductive Health

menstruasi iritasi Menyiasati Miss V Gatal Saat Menstruasi

Menyiasati Miss V Gatal Saat Menstruasi

Pernah  merasa tidak nyaman saat menstruasi akibat miss v gatal luar biasa? Kondisi ini relatif umum dialami perempuan ketika menstruasi. Pemicunya adalah kondisi kulit miss v yang lembap. Kondisi kulit lembap ini memicu reaksi jamur dan bakteri yang ada di permukaan kulit, menjadi aktif dan menyebabkan kulit infeksi. Kulit miss v terlihat kemerahan, ada kalanya bersisik dan gatal.

Iritasi dan infeksi kulit miss v yang terjadi tentu saja menyebabkan menstruasi berlangsung tidak nyaman, padahal kita masih perlu menggunakan pembalut sepanjang hari. Jika hal ini terjadi, lakukan tindakan cermat agar gangguan miss v gatal mereda.

  1. Keringkan kulit. Pastikan seluruh permukaan kulit miss v, baik yang teriritasi ataupun  yang tidak lembap berlama-lama. Keringkan setiap kali setelah dibasuh sehabis pipis, BAB atau sebelum mengganti pembalut. Kulit yang lembap akan berujung pada infeksi yang lebih parah, dan miss v gatal berlarut-larut. Selain itu, kenakan celana dalam yang terbuat dari serat alami agar tidak menghalangi aliran udara ke permukaan kulit, sehingga meminimalkan lembap di permukaan kulit miss v.
  2. Bersihkan miss v dengan gerakan dari arah depan ke belakang. Gerakan sebaliknya hanya akan meningkatkan risiko bakteri berpindah dari saluran pembuangan ke area kulit miss v.
  3. Jangan gunakan sabun dan cairan pembersih. Miss v gatal  bisa dipicu dan semakin parah jika terpapar unsur-unsur kimia, antara lain pewangi. Pastikan tidak ada unsur pewangi saat mencuci celana dalam, karena paparannya setelah dikenakan bisa memicu infeksi kulit miss v.
  4. Pilih pembalut yang menjaga kesehatan kulit area kewanitaan. Saat ini, satu-satunya pembalut jenis ini adalah Laurier Healthy Skin. Pembalut ini tidak berpewangi, dan memiliki permukaan 3D Pori Bergelombang, sehingga meningkatkan 80% sirkulasi udara ke area permukaan kulit area kewanitaan. Jadinya, pembalut tetap kering. Kulit bebas lembap. Mencegah iritasi dan miss v gatal.
  5. Ganti pakaian luar dan dalam yang basah sesegara mungkin. Pakaian yang basah, terlebih celana dalam, menyebabkan kulit lembap, sehingga memicu terjadinya infeksi dan iritasi kulit.

Menggaruk adalah dorongan utama ketika miss v gatal. Sebaiknya jangan dilakukan, langkah ini hanya akan membuat ruam dan kulit yang teritasi luka, sehingga memicu infeksi lebih parah. Ujung-ujungnya menstruasi menjadi semakin tidak nyaman. Tentunya gak mau kan.... Sebenarnya, 8 dari 10 wanita Indonesia berpotensi mengalami iritasi, apakah kamu salah satunya? Cek www.dontgetirritated.id  #DontGetIrritated

Related Articles