Menu

Sex

Menstruasi Menstruasi Datang Cepat Sekali

Menstruasi Datang Cepat Sekali

Jika selama ini kita berbpendapat bahwa menstruasi hanya dialami cewek sebulan sekali, dan seharusnya terjadi pada tanggal yang sama setiap bulan; maka itu keliru. Sebenarnya, menstruasi yang normal dialami seorang cewek berulang sesuai siklusnya masing-masing. Siklus yang dimaksud adalah jarak waktu yang dihitung dari hari pertama menstruasi yang satu ke menstruasi berikutnya.

Siklus menstruasi rata-rata atau kebanyakan cewek adalah 28  hingga 30 hari. Tetapi, berdasarkan fakta medis, menstruasi bisa berulang paling pendek setiap 15 hari, dan paling lama berulang setiap 45 hari. Jika siklus menstruasi seorang cewek pendek, misalnya kurang dari 28 hari, maka sangat mungkin menstruasi dialaminya dua kali dalam sebulan.

Tetapi, jika tiba-tiba menstruasi berlangsung terlalu sering dibandingkan keteraturan yang biasa, girls sebaiknya waspada. Karena selain hal-hal yang wajar, untuk usia remaja, kondisi tersebut bisa dialami karena beberapa hal lain,

  • Proses pertumbuhan. Di usia remaja, siklus menstruasi belum teratur dan menetap. Keteraturan ini baru tetap dialami setelah seorang cewek melewati usia akhir 18 tahun, ketika kadar hormon reproduksi di dalam tubuhnya sudah benar-benar dihasilkan tubuh secara seimbang.
  • Lompatan siklus. Mengalami dua kali menstruasi dalam satu bulan, dan hanya terjadi sekali di luar keteraturan siklus menstruasi tidak selalu menandakan adanya masalah. Seorang cewek bisa sesekali mengalami lompatan siklus menjadi lebih pendek atau lebih panjang, sekali dalam setahun, dan ini wajar saja karena tubuh melakukan penyesuaian.
  • Gangguan kelenjar tiroid. Ini adalah masalah serius. Tiroid adalah kelenjar yang mengatur pembuatan hormon di dalam tubuh. Kelenjar ini berbentuk kupu-kupu, dan terletak di depan tenggorokan. Siklus menstruasi yang tidak teratur adalah gejala umum yang terkait dengan gangguan fungsi kelenjar tiroid, baik kelenjar yang bekerja kurang aktif ataupun terlalu aktif. Tetapi biasanya jika mengalami jenis gangguan ini, menstruasi yang terlalu sering dialami bersama gejala lain yang serius seperti; sesak napas, penurunan berat badan, atau bahkan lemas. Jika mengalami kondisi ini, sebaiknya girls tidak menunda untuk segera berkonsultasi dengan dokter Obgyn, atau yang lebih dikenal luas sebagai dokter ahli kandungan.
  • Sel padat di rahim. Jenis pertumbuhan sel padat di rahim sekalipun tidak bersifat ganas, dapat memicu terjadinya perdarahan menstruasi yang berat. Jadi, selain mengalami menstruasi yang terlalu sering, perdarahan yang dialami juga akan sangat berat; banyak. Selain kedua gejala itu, menstruasi yang dipicu pertumbuhan sel padat di rahim disertai gejala sering ingin pipis, nyeri di area pinggang dan pinggul, atau sensasi kenyang sekalipun tidak atau jarang makan.

Kepekaan girls sangat dibutuhkan untuk menilai kondisi tubuh ya. Jadi jika disertai gejala-gejala lain yang tidak biasa, sebaiknya menstruasi yang terlalu sering dialami segera diperiksakan ke dokter ya... Jangan ditunda.

Related Articles