Menu

Sex

menstruasi Menikmati Menstruasi Sepanjang Hari

Menikmati Menstruasi Sepanjang Hari

Saat menstruasi, ada saatnya kita merasa tidak nyaman. Tapi jangan menyerah. Jika sejak awal mempersiapkan diri dengan benar, kita akan nyaman sepanjang hari. Ini contoh aktivitas yang bisa kalian tiru...

Setelah bangun pagi

  • Periksa tempat tidur sesaat  setelah bangun. Jika terlihat ada noda darah pada sprai atau selimut, segera lepaskan dan bawa ke tempat/keranjang cucian.
  • Siapkan pakaian sesuai aktivitas hari ini. Selain seragam, jika akan beraktivitas, pilih bawahan berwarna gelap, atau bahkan bawa cardigan atau jaket, sekadar berjaga-jaga jika tembus, benda itu dapat berguna menutupi bagian baju yang ternoda.
  • Periksa menstrual kit, dan lengkapi kembali isinya: Pembalut, pantyliner dan celana dalam cadangan.

Sarapan
Saat terjadi perdarahan menstruasi, bersamaan dengan aliran darah keluar tubuh, akan keluar juga zat besi. Kondisi ini jika tidak diantisipasi bisa menyebabkan anemia. Jadi, jangan abaikan sarapan. Buah, sayuran dan telur akan sangat membantu tubuh menjaga kecukupan zat besi, untuk menghindari terjadinya anemia.

Di sekolah

  • Pastikan pergi ke kamar mandi pada saat istirahat. Kamu tentunya tidak bisa berkonsentrasi jika cemas menstruasi akan tembus.
  • Ganti pembalut setiap kali istirahat, agar tetap merasa segar saat berada di kelas.
  • Ingat untuk membersihkan area kulit di sekitar vagina, dengan air bersih, dan mengeringkannya hingga benar-benar kering sebelum mengganti pembalut.
  • Jika harus mengikuti pelajaran olahraga, gunakan pembalut bersayap, sehingga terlindung dari kejadian tembus.

Sepulang sekolah
Jika ada aktivitas sepulang sekolah, misalnya les, eksul atau sekadar janjian dengan teman, jangan lupa mengganti pembalut. Ingat bahwa pembalut harus diganti setiap 4 jam, agar tidak terjadi infeksi.

Istirahat malam

  • Pastikan tidak tidur terlalu malam, karena tubuh membutuhkan 9 jam istirahat malam selama menstruasi.
  • Ganti pembalut tepat sebelum tidur, dengan pembalut malam, yang akan melindungimu sepanjang malam.

Cermati jadwal ini, jika dilakukan secara tepat, maka kamu tidak terhindar dari tembus, dan dapat tetap aktif selama menstruasi. Have fun, girls!

Related Articles