Menu

Sex

Menstruasi Mengenali HPV

Mengenali HPV

Kesadaran pentingnya melindungi diri dari berbagai gangguan kesehatan reproduksi, telah berkembang baik di antara cewek saat ini. Ya, sih. Jika bukan kita yang aware pada kesehatan sendiri, ya siapa lagi? Di antara berbagai kondisi gangguan kesehatan reproduksi, yang cenderung sering ditanyakan adalah tentang kanker serviks (cervix) atau kanker mulut rahim

Jenis kanker itu, diketahui dipicu oleh infeksi HPV atau Human Papillomavirus. Sebenarnya infeksi HPV adalah adalah salah satu di antara infeksi seksual yang sangat umum. Sebelumnya, bertahun-tahun lalu, telah diketahui oleh para ahli kesehatan reproduksi bahwa HPV adalah virus yang menyebabkan terbentuknya kutil di area genital. Namun, belakangan ini setelah melalui penelitian yang sangat panjang, para ahli kesehatan bersepakat bahwa infeksi HPV ini ternyata menyebabkan gangguan lain, baik pada perempuan ataupun lelaki.

  • Pada perempuan, infeksi HPV bisa menyebabkan perubahan sel pada leher rahim (Serviks, cervix) yang memicu terjadinya kanker. Selain itu, bisa juga menyebabkan kanker di area vagina, saluran vagina, anus, mulut dan tenggorokan.
  • Pada lelaki, infeksi HPV bisa menyebabkan kanker pada penis, anus, mulut dan tenggorokan
  • Hasil penelitian terbaru menyatakan bahwa HPV menyebabkan terjadinya gangguan jantung pada perempuan

HPV dapat menginfeksi lelaki dan perempuan yang melakukan hubungan seksual, baik melalui penetrasi vagina, oral ataupun anal. Kebanyakan orang yang telah terinfeksi tidak sadar dirinya terinfeksi, karena gejala infeksi HPV bisa tidak terlihat. Tidak semua orang yang terinfeksi HPV memiliki kutil genital, tetapi virus tetap ada di dalam tubuh, dan bisa menyebabkan berbagai gangguan. Ini berarti bahwa orang dengan HPV bisa menularkan infeksi itu pada orang lain tanpa disadari. Kondisi inilah yang menyebabkan setiap orang, tidak hanya perempuan, tetapi lelaki pun harus melindungi diri dari infeksi HPV

Karena cara HPV menular dari satu orang ke orang lain adalah melalui hubungan seksual, maka satu-satunya ampuh melindungi diri dari penularan infeksi HPV adalah tidak melakukan hubungan seksual. So, keep virgin and be healthy, girls! 

Related Articles