Menu

Reproductive Health

menstruasi iritasi Mengapa Miss V Gatal Saat Menstruasi

Mengapa Miss V Gatal Saat Menstruasi?

Keluhan miss v gatal saat menstruasi, terkategori sebagai keluhan umum. Hal ini sangat mungkin dialami karena pada dasarnya struktur kulit miss v yang berlipat-lipat cenderung menyimpan lembap, tidak mudah kering. Tak heran jika terbentuk ruam karena reaksi jamur dan bakteri. Sekalipun miss v gatal adalah keluhan yang umum, bukan berarti bisa diabaikan. Jika miss v gatal saat menstruasi, maka akan terasa sangat tidak nyaman.

Tentu saja agar dapat mengatasi gangguan ini, kita perlu mengetahui pemicunya, sehingga dapat menanganinya dengan tepat.

  1. pH miss v berubah. Menjelang hingga beberapa saat setelah menstruasi, tubuh mengalami fluktuasi kadar hormon reproduksi yang menyebabkan kulit di seluruh tubuh berubah sifat. Sesaat kering, kemudian memroduksi minyak lebih banyak. Ketika memroduksi minyak kulit lebih banyak, minyak terperangkap di dalam lipatan-lipatan kulit, sehingga area kulit lembap. Karenanya, pastikan untuk selalu membersihkan dan mengeringkan area kulit miss v untuk menekan reaksi bakteri pemicu ruam yang membuat miss v gatal.
  2. Pembalut tak tepat. Miss v gatal selalu setelah menstruasi, adalah pertanda pembalut yang Anda pilih tidak tepat. Selain perlu memastikan pembalut dapat menyerap cairan menstruasi dan mengikatnya di dalam agar kulit tidak lembap, permukaan pembalut yang menempel sepanjang hari di permukaan kulit justru bisa menyebabkan kulit lembap karena aliran udara terhambat. Karenanya pilih pembalut yang dibuat dengan tujuan menjaga kesehatan kulit area kewanitaan. Saat ini, satu-satunya pembalut jenis ini adalah Laurier Healthy Skin. Pembalut ini memiliki permukaan 3D Pori Bergelombang, sehingga meningkatkan 80% sirkulasi udara ke area permukaan kulit area kewanitaan. Jadinya, pembalut tetap kering. Kulit bebas lembap.
  3. Celana dalam dan pewangi. Celana dalam yang ketat dan dicuci dengan pewangi dapat memicu iritasi yang akhirnya membuat miss v gatal. Kulit miss v bisa terpapar oleh pewangi yang berasal dari berbagai benda, antara lain; cairan pembersih, tisyu, hingga pembalut. Jika awalnya menggunakan pewangi karena ingin miss v terasa segar, sebaliknya justru mendatangkan masalah. Jadi, sebaiknya waspada dan hindari pewangi.
  4. Terlalu banyak makanan manis dan karbohidrat. Selain bereaksi terhadap kondisi kulit yang lembap, jamur dan bakteri di permukaan kulit miss v akan aktif dan berkembang biak sangat cepat memicu infeksi jika konsumsi gula dan karbohidrat kita tinggi. Karenanya, saat miss v gatal segera kurangi konsumsi kedua unsur nutrisi tersebut.

Hal penting yang perlu diingat, miss v sebenarnya punya sistem pembersih alami. Disebut sebagai cairan vagina. Cairan ini diproduksi setiap hari, termasuk saat menstruasi, dan bertugas menjaga kebersihan dan kesehatan vagina. Tak heran kan jika terasa sangat lembap ketika menstruasi, karena selain cairan menstruasi, tubuh tetap memroduksi cairan vagina. Agar terhindar dari miss v gatal, pastikan area kulit miss v yang berlipat-lipat itu tidak lembap.  Sebenarnya, 8 dari 10 wanita Indonesia berpotensi mengalami iritasi, apakah kamu salah satunya? Cek www.dontgetirritated.id  #DontGetIrritated

Related Articles