Menu

Sex

menstruasi menciptakan rasa nyaman saat pms

Menciptakan Rasa Nyaman Saat PMS

Pernah mengalami hari yang sangat buruk, sampai-sampai merasa jadi orang paling malang sedunia. Ngapai-ngapain salah... lalu marah-marah. Eeeh, setelah hari itu dilewati, keesokannya menstruasi? Baru deh nyadar bahwa itu adalah PMS... padahal bisa jadi pas kita marah-marah udah ada orang yang sakit hati. Gak asyik kan ya kalo terlalu sering kayak gini. Yoook segera lakukan sesuatu:

Cukup tidur. Di usia remaja, kita memang butuh lebih banyak tidur dibandingkan orang dewasa atau anak-anak. Minimal kita perlu tidur 8 jam setiap malam. Tidur akan menjaga kesehatan mental kita tetap seimbang. Kita jadi lebih tahan terhadap stres. Akibatnya, emosi kita lebih stabil dan tidak bereaksi berlebihan terhadap fluktuasi kadar hormon menjelang menstruasi.So, sebaiknya pada masa PMS, tidur jangan terlalu malam, terlebih jika kita sekolah pagi. Biar gak cranky.

Berupaya menghindari stres. Stres adalah hal yang dialami tubuh saat mengalami hal-hal yang berlebihan, seperti; tugas sekolah yang susul menyusul dalam jumlah banyak, atau kelelahan karena aktivitas ekskul... semua itu bikin tubuh dan pikiran stres. Sebenarnya kondisi ini bisa diatasi jika tenang. Cara menenangkan diri bisa bermacam-macam; Olahraga, mendengarkan lagu, mandi air hangat dengan aromaterapi, lakukan ini pada hari-hari menjelang menstruasi.

Mengendalikan diri. Kendali emosi cenderung longgar jika terjadi fluktuasi kadar hormon menjelang mentruasi. Trik untuk menyiasati hal ini adalah dengan mengetahui kapan hal itu mulai terjadi. Caranya:

  • Tandai di kalender hari pertama menstruasimu.
  • Hitung mundur 10 hari sebelumnya. Tandai
  • Ini adalah masa tubuh mengalami PMS. Dan ada kemungkinan emosimu mulai tidak stabil, dan kamu merasa tidak nyaman

Bisa jadi pada hari itu belum terasa apapun, alias kamu baik-baik saja dan masih bisa mengendalikan emosi. Tetapi pastikan kamu menyadarinya. JIka kemudian merasa tidak nyaman, mulai sensitif, setidaknya kamu bisa mengingatkan diri sendiri untuk memastikan apakah suasana benar-benar gak OK, atau sekadar moody karena PMS.

Related Articles