Menu

Latest Research

menstrusi Hubungan Usia Dini Menarche dan Gangguan Hipertensi

Menarche di Usia Dini Tingkatkan Risiko Hipertensi

Usia seorang perempuan mengalami menarche berhubungan erat dengan risiko hipertensi di usia prodktif. Ini adalah kesimpulan para peneliti dari University of Georgia, di Amerika Serikat. Hasil penelitain ini telah diterbitkan dalam jurnal Hypertension Research edisi 1 tahun 2019.

Menurut Luqi Shen, peneliti yang menuliskan laporan penelitian tersebut, hal ini perlu diteliti kembali, karena hasil-hasil penelitian sebelumnya tidak sinkron. Ada yang menyatakan bahwa menarche di usia dini memicu risiko hipertensi di usia dewasa, dan sebaliknya ada hasil penelitian yang justru mengatakan keterlambatan menarche yang justru meningkatkan risiko hipertensi di usia dewasa.

Para peneliti dari University of Georgia melakukan analisa terhadap 7.893 data responden perempuan, yang dihimpun melalui Studi Longitudinal Kesehatan Para Purnakarya di Tiongkok. Data tersebut relatif lengkap, mencakup faktor biologis, demografi, dan gaya hidup, yang diketahui sebagai faktor yang berkontribusi memicu hipertensi.

Luqi Shen lebih lanjut menjelaskan bahwa kondisi tersebut berkaitan dengan sistem tubuh. Ketika satu sistem mengalami proses perkembangman lebih awal atau justru tertunda, maka akan berdampak pada sistem yang lain. Perempuan yang mengalami menarche dini mungkin memiliki sistem kardiovaskular yang berkembang tidak optimal, sehingga terjadi peningkatan risiko, seperti hipertensi pada akhir masa dewasa.

Lebih lanjut ditegaskan oleh Luqi Shen, hasil penelitian ini merupakan penemuan yang berarti untuk melengkapi berbagai penelitian tentang kejadian-kejadian di usia muda yang dapat memengaruhi kesehatan jangka panjang. Sekalipun demikian Luqi Shen mengingatkan bahwa mekanisme biologis yang mendasari risiko ini dapat diminimalkan jika seorang perempuan sejak awal menerapkan pola hidup sehat, dan memiliki akses kesehatan yang baik.

Related Articles