Menu

Reproductive Health

menstruasi memilih pembalut yang tepat

Memilih Pembalut yang Tepat

Pembalut dapat dikategorikan sebagai salah satu kebutuhan utama perempuan. Menemukan pembalut yang tepat untuk setiap perempuan adalah sebuah keharusan. Selain mengutamakan standar kesehatan, yang dapat dipastikan melalui nomor registrasi lembaga kesehatan, tertera pada kemasan, ada beberapa hal lain yang penting diperhatikan, yaitu:

  1. Berdaya serap tinggi. Produk pembalut yang memiliki daya serap tinggi akan sangat membantu kita saat mengalami heavy flow, darah menstruasi mengalir deras dan banyak. Hal ini juga membantu mencegah pembalut bocor dan menyebabkan noda.
  2. Permukaan lembut & kering. Pembalut yang terbuat dari bahan berkualitas, dibuat dengan teknologi Air Layered cenderung memiliki permukaan pembalut yang lembut & kering di kulit. Kondisi ini akan membantu mengurangi terjadinya iritasi pada daerah kulit vagina.
  3. Tanpa pewangi. Wangi-wangian mengandung bahan kimia tertentu, yang justru akan memicu terjadinya iritasi dan gatal pada kulit sensitif. Agar aman, sebaiknya memilih pembalut yang tidak mengandung pewangi
  4. Kemasan utuh. Pembalut adalah produk yang perlu dipastikan kondisinya tetap steril sebelum digunakan. Karenanya, pastikan kemasan pembalut yang dibeli utuh, dan memiliki nomor registrasi lembaga kesehatan. Nomor registrasi itu sangat penting karena merupakan jaminan produk pembalut dibuat sesuai standar dan tidak akan menyebabkan gangguan kesehatan.

Hal terpenting yang harus diingat, meskipun telah menggunakan pembalut terbaik pilihan, sebaiknya tidak lupa untuk menggantinya setiap 4 jam. Langkah ini penting untuk dilakukan demi mencegah terjadinya kondisi lembap di permukaan kulit area vagina, yang dapat memicu vaginitis – radang yang disebabkan oleh jamur, virus atau bakteri kulit.

Related Articles