Menu

Latest Research

menstruasi Mamografi 3D Diketahui Mendeteksi Kondisi Payudara Lebih  Baik

Mamografi 3D Diketahui Mendeteksi Kondisi Payudara Lebih Baik

Sejak memasuki usia dewasa, perempuan dianjurkan untuk melakukan SADARI setiap kali sehabis menstruasi. Namun, setelah berusia akhir 30 tahun, disarankan untuk melakukan mamografi secara berkala, setiap tahun. Pemeriksaan kesehatan payudara ini diketahui sangat tidak nyaman, karena saat proses pemeriksaan, payudara perlu ditekan ke arah pengambil gambar, sehingga sering terasa nyeri.

Tetapi para ahli di Swedia telah memastikan perempuan kelak dapat terhindar dari rasa tak nyaman selama mamografi. Setelah melakukan pemeriksaan terhadap 15.000 perempuan selama 5 tahun, dengan mamografi 3d atau tomosintesis, didapatkan data bahwa metode terbaru ini mampu mendeteksi 30% lebih banyak kondisi kanker dibandingkan mamografi tradisional.

Penelitian ini dilakukan oleh tim peneliti dari Lund University dan Skåne University Hospital di Swedia, dan laporannya telah diterbitkan dalam jurnal Lancet Oncology edisi September 2018. Menurut Sophia Zackrisson, profesor di dan ahli radiologi dari kedua lembaga tersebut, metode baru ini diketahui mengurangi tekanan pada payudara selama pemeriksaan, sehingga tidak terlalu menyakitkan dan tentunya lebih ramah bagi perempuan.

Hal yang berbeda dari tomosintesis dan mamografi tradisional adalah; hasil mamografi tradisional hanyalah selembar image hasil foto. Sementara dengan tomosintesis, dihasilkan banyak foto karena penampang payudara diambil dari berbagai sudut, dan menghasilkan gambar lapisan-lapisan jaringan payudara yang sangat tipis. Inilah yang menyebabkan lebih banyak informasi bisa dikumpulkan sehingga diagnosa dapat dilakukan lebih akurat, sehingga penanganan bisa dilakukan lebih tepat.

Karena masih dalam tahapa penelitian, maka saat ini belum tersedia software untuk menyatukan gambar-gambar itu menjadi sebuah tampakan lengkap sehingga lebih mudah dianalisa. Para peneliti saat ini sedang bekerja untuk mengembangkannya, sehingga analisa kelak dapat dilakukan lebih cepat.

Related Articles