Menu

Sex

laurier menstruasi Makanan VS Menstruasi

Makanan VS Menstruasi

Apakah kalian memerhatikan beberapa saat menjelang menstruasi, ada dorongan ingin mengemil yang lebih dari biasa? Atau justru ingin makan cokelat? Ya... hal ini kerap dialami cewek menjelang menstruasi. Kondisi ini disebabkan karena respons tubuh terhadap fluktuasi kadar hormon reproduksi.

Perlu diingat bahwa sekalipun sebenarnya menstruasi bukanlah kondisi gangguan kesehatan, dan kita boleh mengonsumsi berbagai jenis makanan; tetapi mengonsumsi jenis makanan tertentu secara berlebihan pun, dapat menyebabkan semakin buruknya kondisi PMS:

  • Cokelat atau permen yang dimakan terlalu banyak, menyebabkan peningkatan asupan gula ke dalam tubuh. Asupan gula berlebih akan memperburuk pengendalian emosi, sehingga cewek menjadi lebih mudah bete dan sensitif.
  • Sedangkan konsumsi garam akan menyebabkan pengumpulan cairan berlebih di dalam tubuh, yang menyebabkan terjadinya kembung dan pembengkakan sendi, biasanya pada mata kaki atau jari.
  • Kafein yang terkandung dalam kopi, teh dan cokelat akan memperburuk nyeri payudara, juga memicu kecemasan; keduanya adalah gejala menjelang menstruasi yang sangat sering dialami.

Di sisi lain, ada jenis makanan membantu mengatasi berbagai gangguan menstruasi.

  • Susu dan produk olahan susu, yang telah diperkaya kalsium; orange juice, tahu, dan brokoli. Jika dikonsumsi cukup akan membantu meredakan bahkan mencegah terjadinya kram
  • Serat yang didapatkan dari roti gandum dan sereal dapat menguraikan gangguan BAB. Serat juga bisa didapatkan dari buah dan sayuran segar.
  • Ketimun dan Semangka yang justru mitosnya dilarang untuk dikonsumsi cewek justru membantu asupan cairan tubuh, dan mencegah terjadinya kembung serta pembengkakan yang terjadi. Ketimun dan Semangka dapat menjadi pelengkap yang baik selain minum 8 gelas air sehari.

Keputusan ada pada girls sekarang... mau mengonsumsi makanan yang memperburuk gangguan menjelang menstruasi, atau justru sebaliknya? Be wise, girls...

 

Related Articles