Menu

Sex

menstruasi Kering Tanpa Iritasi

Kering Tanpa Iritasi

Area genital dianjurkan agar tidak lembap. Salah satu saran yang perlu diperhatikan adalah mengeringkannya setiap kali sehabis berkemih. Pastikan kering, tapi jangan sampai iritasi.

  1. Toilet paper, atau tisyu gulung yang khusus ada di toilet adalah alat yang tepat untuk digunakan mengeringkan area vagina setelah berkemih atau BAB; atau juga setelah dibersikan pada saat akan mengganti pembalut saat menstruasi.
  2. Keringkan hanya dengan sekali atau dua kali mengusap. Mengelap berlebihan bisa menyebabkan iritasi pada kulit ari di sekitar organ genital; memicu luka, sehingga risiko infeksi meningkat. Terjadi pembengkakan dan gatal-gatal.
  3. ika kamu merasa perlu mengelap lebih dari dua kali, gunakan tisyu basah atau tisyu bayi yang tidak mengandung pewangi. Tisyu yang lembap mengurangi gesekan saat terjadi gerakan membersihkan sehingga meminimalkan terjadinya iritasi.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah mengelap dengan gerakan dari arah depan ke belakang. Jika kamu mengelap dari arah belakang ke depan, maka berpotensi memindahkan bakteri dari saluran pembuangan ke area vagina, sehingga justru meningkatkan risiko terjadinya infeksi.

Related Articles