Menu

Sex

Menstruasi Keputihan

Keputihan

Keputihan pada dasarnya adalah cairan yang merupakan hasil produksi kelenjar mukosa (kelenjar lendir) vagina. Fungsinya adalah untuk menjaga keseimbangan pH di area vagina, agar tidak terjadi infeksi di dalam saluran vagina. Jika kondisi vagina dalam keadaan sehat, maka organ seksual kita ini secara otomatis terjaga kebersihannya. Dan, keputihan yang normal merupakan salah satu pertanda bahwa kesehatan vagina kita baik.

Ciri cairan normal. Cairan vagina yang normal adalah, tidak berbau, bening seperti putih telur, atau bernoda putih jika terkena celana dalam. Tetapi ada saatnya cairan vagina berubah menjadi lebih lengket dan berwarna putih keruh seperti susu, yaitu pada saat:

Tidak normal jika... Cairan vagina menjadi tidak normal jika terjadi infeksi di saluran vagina. Infeksi ini dapat disebabkan oleh bakteri, virus atau jamur. Gejala cairan yang tidak normal adalah:

  • Berwarna kekuningan, kehijauan atau kecokelatan
  • Produksi cairan sangat banyak, bahkan berlebih
  • Memicu rasa gatal pada kulit di area vagina
  • Beraroma menusuk

Jika cairan vagina disertai gejala seperti ini, maka sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter. Mengapa tidak disarankan untuk diobati sendiri? Langkah yang tepat adalah memastikan lebih dulu penyebab infeksi, karena setiap penyebab infeksi hanya dapat dituntaskan oleh antinya masing-masing; dan dokter hanya bisa menentukan obat tersebut jika lebih dulu telah mengetahui pemicu infeksi.

So, mulai sekarang jangan panik ketika mengalami keputihan. Pastikan dulu, normal atau tidak keputihanmu. Kemudian jika tidak normal segeralah memeriksakan diri ke dokter. Karena hanya inilah cara yang tepat untuk mengatasi keputihan yang tidak normal itu.

Related Articles