Menu

Reproductive Health

Menstruasi Kenali Infeksi Jamur di Daerah Genital

Kenali Infeksi Jamur Di Daerah Genital

Pernah merasa nyeri dan gatal pada vagina, hingga tak nyaman beraktivitas? Hati-hati, karena kondisi tersebut bisa jadi merupakan salah satu pertanda Anda terkena infeksi jamur pada vagina.

Bagaimana infeksi terjadi? Jika keseimbangan alami vagina terganggu, organisme asing masuk, infeksi vagina (vaginitis) bisa terjadi. Beragam faktor dapat menyebabkan infeksi ini, antara lain; penggunaan antibiotik, suhu udara panas dan basah akibat penggunaan pakaian dalam yang ketat atau terbuat dari bahan yang tidak menyerap keringat, stres, diet tinggi karbohidrat,

perubahan hormonal dan kehamilan atau penggunaan pil kontrasepsi, iritasi kimia, dan berhubungan seksual tanpa terjadi lubrikasi (vagina dalam keadaan kering). Seperti apa gejalanya?

Pada umumnya gejala infeksi vagina dapat dirasakan, seperti; gatal-gatal dan iritasi di daerah vagina dan vulva, bau yang tidak wajar, sakit saat buang air kecil dan atau saat berhubungan seksual, dan vagina mengeluarkan nanah.

Bagaimana caranya agar terbebas dari infeksi vagina?
Teknik pencegahan yang paling biasa dilakukan adalah mengeringkan wilayah rektum dan daerah sekitar vagina setelah mandi hingga kering. Menurut Laxmi V. Baxi, M.D, wakil ketua jurusan ginekologi dari Columbia Presbyterian Medical Center New York, kunci untuk menghindari infeksi jamur yaitu menghindari kelembapan vagina. Untuk mencegah infeksi jamur dan mengurangi gejala, Laxmi V. Baxi merekomendasikan beberapa hal berikut:

  • Hindari terlalu sering membersihkan vagina dengan cairan khusus. Produk ini dapat mengubah keseimbangan PH dalam vagina sehingga dapat memicu infeksi.
  • Mengonsumsi gizi seimbang, rendah gula. Makanan yang mengandung kadar gula tinggi dapat menumbuhkan jamur.
  • Menjaga kesehatan, dengan cukup tidur, berolahraga, melepaskan tekanan emosi.
  • Menjaga kebersihan diri dengan cara; mandi teratur menggunakan sabun, mengeringkan wilayah vagina dengan handuk dari arah depan ke belakang.
  • Gunakan pakaian dalam bersih yang terbuat dari bahan katun atau bahan yang menyerap keringat.
  • Saat akan melakukan hubungan seksual, pastikan bahwa tangan maupun kelamin pasangan dalam keadaan bersih dan sehat.

Hal yang penting untuk diperhatkan, adalah segera hubungi dokter jika Anda mencurigai gejala tertentu di sekitar vagina. Mintalah pemeriksaan dan penjelasan tentang gejala tersebut, serta cara mengatasinya. Jangan biarkan infeksi semakin parah. Ada baiknya pasangan Anda juga memeriksakan diri, karena bukan tidak mungkin dia menjadi sumber infeksi vagina, sedangkan Anda setiap kali hanya tertular olehnya.

Related Articles