Menu

Sociolife

menstruasi laurier I Try To Do My Best

I Try To Do My Best

Kamu sering merasa kelelahan di akhir hari? Setelah dirunut-runut, ternyata karena kamu memang punya banyak kegiatan, baik di sekolah ataupun di luar sekolah. Sebut saja ekskul di sekolah; OSIS, Klub debat berbahasa Inggris, Basket, Sanggar Seni. Lalu di luar sekolah, ada bimbel, les piano, les Inggris, klub renang, belum lagi PR yang tiap hari menumpuk. Gak heran kan kalau sebanyak itu kegiatanmu. Coba ingat-ingat dulu, mengapa kamu sampai punya kegiatan sebanyak itu?

Jika itu keinginanmu sendiri, maka sebaiknya kamu berlapang dada merelakan salah satu atau beberapa aktivitas saat ini. Alasannya hanya biar tugas pokokmu belajar, dan dapat nilai bagus tidak terganggu. Tetapi jika semua kegiatanmu itu diikuti karena dorongan mama-papa, sepertinya kamu perlu menyampaikan hal itu pada mereka. Caranya?

  1. Ajak diskusi. Bilang baik-baik pada mama - papa bahwa kamu perlu mendiskusikan berbagai aktivitasmu. Agar penjelasanmu bisa ditangkap lebih baik oleh mereka, buatkan perincian kegiatan dan waktu yang dihabiskan oleh setiap kegiatan itu. Cara ini bisa membuat mereka melihat bahwa kamu gak sekadar nyari alasan. Setelah mereka paham bahwa kegiatanmu memang padat. Dasari penjelasanmu dengan pemahaman, tugas utamamu adalah belajar dan mencapai nilai bagus, dan kamu tidak ingin hal itu tidak tercapai. Biasanya mama - papa akan langsung paham kok.
  2. Jangan membantah. Tetapi, jika penjelasanmu tidak mudah diterima mama - papa, dan sebaliknya mereka menasehatimu untuk mencoba lagi, sebaiknya kamu dengarkan mereka. Prinsipnya jangan membantah, karena jika hal ini kamu lakukan, suasana diskusi bakalan berubah menjadi drama. Gak mau kan?! So tetap tenang saat mendengarkan, jika ada hal yang membuatmu gusar coba tarik napas dalam-dalam, lalu hitung 1 - 10 agar kamu kembali tenang.
  3. Tulis surat. Hasil diskusi yang tidak sesuai harapanmu itu sebaiknya tidak berhenti diperjuangkan. Biasa jadi ketika itu penjelasanmu kurang baik, maka cobalah menuangkannya dalam bentuk tulisan. Buatlah surat yang bisa menjelaskan perasaan dan pikiranmu. Berikan pada mama - papa, agar mereka membacanya ketika mereka punya waktu. Setelah lewat satu atau dua hari, kamu bisa bertanya lagi pada mereka apakah mereka sudah punya waktu untuk membicarakannya.

Hal terpenting yang perlu kamu ingat adalah ortu sebenarnya hanya menginginkan yang terbaik untukmu, jadi penjelasanmu pada mereka sebenarnya untuk membantu mereka memahami keterbatasanmu, dan meminta bantuan mereka agar kamu bisa mencapai hasil yang baik. Jadi bukan sekadar meloloskanmu dari masalah kelelahan dan keterbatasan waktu saja. So, be smart and wise girls.

Related Articles