Menu

menstruasi Good Mood Foods Mengusir PMS

Good Mood Foods: Mengusir PMS

Periode sebelum menstruasi, bagi sebagian besar cewek adalah masa yang tidak nyaman, karena berbagai gejala pra-menstruasi (PMS). Tercatat 85% cewek mengalami PMS menjelang menstruasi. Selain berbagai gejala fisik, gangguan emosi, seperti; mudah tersinggung, gampang sedih, hingga cemas berlebih juga dialami. Tak jarang akhirnya bete. Agar tidak berlama-lama mengalami hal ini, yuk akali dengan menu pengusir PMS ini.

Ikan. Jenis ikan yang disarankan adalah ikan laut yang mengandung lemak Omega 3, seperti tuna, sardin dan makarel. Omega 3 adalah jenis mineral yang dapat membantu kerja otak dan menghasilkan serotonin yang cukup sehingga dapat menstabilkan suasana hati. Jika kamu tidak suka ikan, cobalah kacang-kacangan, atau sereal karena jenis makanan ini pun mengandung Omega 3.

Pisang dan kacang-kacangan. Beberapa saat sebelum menstruasi, kandungan magnesium di dalam darah kita cenderung rendah. Padahal kecukupan magnesium sangat dibutuhkan tubuh untuk mengontrol emosi dan selera makan. Karenanya, menjelang menstruasi, cobalah mengonsumsi makanan yang kaya magensium seperti pisang, bayam, kacang mete, nasi merah dan tahu.

Gandum. Pilihlah roti, pasta dan sereal yang terbuat dari gandum. Bahan pangan ini terkategori sebagai karbohidrat kompleks yang dapat membantu tubuh memroduksi serotonin, hormon yang bisa memerangi gangguan emosi. Selain itu, gandum mengandung vitamin B, khususnya B6 yang diketahui dapat memerangi depresi.

Lalu, bagaimana dengan cokelat? Cewek biasanya suka mengemil cokelat dan makanan manis menjelang menstruasi. Boleh aja sih, tapi jangan banyak-banyak ya. Karena gula yang terkandung dalam cokelat dan makanan manis itu, setelah beberapa saat akan diubah menjadi karbohidrat di dalam darah, yang jika terlalu banyak dan justru bikin moody lagi. So, be aware ya girls!

Related Articles