Menu

Sociolife

menstruasi cermat mengatur uang jajan

Cermat Mengatur Uang Jajan

Anak seusia kita, tentunya sudah punya uang saku dong. Biasanya sih udah gak dikasih harian. Tapi ortu juga belum percaya ngasih uang saku bulanan. Mereka biasanya ngasih uang jajan mingguan. Selain memberi keleluasaan waktu agar kita bisa belajar mengatur, juga jumlahnya gak terlalu banyak untuk dipakai berfoya-foya.

Tapi kalo kita berhemat, sebenarnya sisa uang jajan bisa dimanfaatkan untuk mewujudkan keinginan tertentu, seperti memiliki handphone berkamera, atau iPod seri baru. Gimana? Tertarik ingin tahu, gak?

Merancang anggaran. Sebaiknya kamu pastikan dulu, jumlah uang saku yang diterima itu diharapkan ortu untuk memenuhi kebutuhan apa saja? Misalnya; makan siang kalo harus ada pelajaran tambahan, snack saat keluar main, fotokopi dan membeli peralatan sekolah dadakan.

Kalau sudah mendapatkan data tersebut, maka sebaiknya kamu mulai membuat perincian kebutuhan mingguanmu. Setelah itu, kamu bisa mendapat gambaran tentang cukup atau tidak uang sakumu. Kalau tidak cukup, ajaklah ortu bicara tentang hal itu, sambil mengajukan hitung-hitungan yang sudah kamu buat. Biasanya ortu gak keberatan kok, kalau kamu sudah memberi data.

Menabung. Setelah berhasil mendapatkan uang saku sesuai jumlah yang kamu hitung, selain berusaha menjaga agar anggaran itu bisa pas memenuhi kebutuhan mingguanmu, akan lebih baik lagi kalau kamu bisa berhemat. Jangan pandang sebelah mata pepatah hemat pangkal kaya. Karena tanpa kamu sadari sisa uang saku mingguan bisa membantumu mewujudkan keinginan.

Sekalipun jumlahnya sangat kecil, misal aja Rp.5000,- seminggu. Jika sisa uang itu bisa kamu sisihkan, dalam sebulan kamu sudah punya Rp.20.000 dan bisa bertambah terus bukan. Akhirnya, tanpa kamu sadari, kamu bisa membeli benda-benda idaman dari hasil menyisihkan uang saku mingguan itu.

Ya kalo kurang-kurang sedikit, minta ortu nambahin gak apa-apa, kali. Yang penting, kamu udah nunjukin usaha dulu untuk mendapatkan benda keinginanmu itu. Kita cobain bareng yuuuuk...

Related Articles