Menu

Sex

Menstruasi Normal Gak Sih Menstruasi Ini

Normal Gak Sih Menstruasi Ini?

Logikanya, perempuan yang sehat mengalami menstruasi teratur, dan normal volume darah menstruasinya. Tak heran jika menstruasi tidak teratur dan tidak terjadi seperti biasa, menyebabkan kebingungan. Mari kita cermati kondisi-kondisi yang tidak normal itu, agar lebih jelas.

1. Siklus tidak normal, seringkali tidak menstruasi, tetapi tidak hamil.
"Umumnya perempuan mengalami penundaan menstruasi setidaknya sekali setahun." Demikian penjelasan DR. Mary Jane Minkin, ahli kebidanan dari Yale University School of Medicine, dalam artikel di Webmed.com. Menurutnya kondisi tersebut mengindikasikan ovulasi tertunda; biasanya disebabkan oleh stres. Tetapi jika penundaan menstruasi terjadi lebih dari satu siklus, disarankan segera berkonsultasi dengan dokter. Kemungkinan pemicunya adalah Polycystic Ovarian Syndrome (PCOS) atau gangguan thyroid yang menunda ovulasi.

2. Selalu mengalami diare sebelum menstruasi.
Diare sebelum menstruasi, terkategori sebagai PMS, gejala pra-menstruasi. Kondisi ini disebabkan karena produksi prostagladin, sejenis hormon yang diproduksi untuk merangsang kontraksi dinding rahim, tetapi seringkali usus juga berkontraksi. Pada perempuan yang sensitif, kontraksi usus yang dipicu prostagladin ini memicu diare. Jadi, diare menjelang menstruasi adalah gejala sensitivitas seseorang, dan bukan karena gangguan penyakit tertentu.

3. Tiba-tiba terjadi perdarahan hebat, sampai bocor.
Menurut DR.Mary Jane, jika kondisi tersebut terjadi sesekali, tidak masalah. Tetapi jika terjadi berturut-turut, sebaiknya segera berkonsultasi dengan Obgyn terdekat. Gejala tersebut perlu diobservasi, karena mengindikasikan endometriosis, fibroid atau tumor di dinding rahim. Hal yang perlu segera ditangani adalah dampak perdarahan berat, yaitu anemia. Jika perdarahan hebat terjadi lebih dari 10 hari, jangan diabaikan, segera memeriksakan diri ke dokter.

4. Ada bercak-bercak di luar masa menstruasi.
Perhatikan baik-baik bercak darah tersebut, pastikan kapan bercak terlihat, dan volumenya. Bercak yang normal dapat dialami di tengah siklus reproduksi dan tidak lebih dari sehari. Tetapi dijelaskan oleh DR Mary Jane, jika bercak diikuti menstruasi, atau disertai nyeri perut hebat, sebaiknya segera diperiksakan. Dokter akan melakukan USG untuk memastikan gangguan yang dialami.

Related Articles