Menu

Sex

Lebih Dekat Dengan Organ Reproduksi

Jika selama ini kita hanya sering dengar tentang rahim, serviks dan vagina, sebenarnya masih ada organ reproduksi yang lain lho. Ini dia lengkapnya:

Ovaries:
Nama lainnya adalah indung telur, atau juga sering disebut sebagai ovarium. Indung telur perempuan ada dua, terletak di rongga perut bagian bawah, di sisi kiri dan kanan. Indung telur bertugas untuk menyimpan sel telur hingga matang, dan kemudian melepaskannya satu per satu setiap siklus reproduksi. Selain itu, indung telur juga berfungsi menghasilkan hormone reproduksi yang penting yaitu estrogen dan progesteron.

Uterus:
Kita mengenal uterus sebagai rahim. Organ ini adalah sebuah kantong yang berbentuk seperti buah pir – dinding rahim adalah otot yang sangat kuat; memungkinkannya melebar saat seorang perempuan mengandung, dan kemudian mengerut jika tidak mengandung.

Fallopian tube:
Organ ini dikenal luas sebagai saluran telur. Bentuknya mirip sedotan yang tipis; menghubungkan indung telur dan rahim. Fungsi saluran telur ini adalah menjadi “jalan” untuk mengantarkan sel telur yang telah matang - yang dilepaskan oleh indung telur – ke rahim

Cervix:
Organ ini menjadi sangat popular akibat jenis kanker yang sangat mematikan. Serviks dikenal juga dengan sebutan leher rahim, adalah bagian paling bawah dari rahim. Karena posisinya yang paling luar, serviks paling berisiko mengalami berbagai gangguan kesehatan reproduksi.

Vagina:
Ini adalah organ reproduksi perempuan yang paling luar, dan menghubungkan rahim dengan luar tubuh. Ketika saat melahirkan tiba, bayi yang dikandung seorang ibu akan keluar melalui saluran vagina.
 

Related Articles