Menu

Sex

Good Mood Saat Menstruasi

Moody; sensi, gampang sedih dan marah-marah, sering banget dialami cewek menjelang dan selama menstruasi. Jadinya selain teman, sahabat,     pacar jadi gak nyaman, kita juga jadi ketahuan aja lagi menstruasi.

Kondisi emosi yang tidak terkendali ini terjadi karena fluktuasi kadar hormon reproduksi, terutama estrogen, yang terjadi sepanjang siklus menstruasi. Kadar estrogen mulai meningkat perlahan setelah menstruasi berakhir, dan kemudian meningkat hingga mencapai kadar tertinggi dua minggu setelah itu. Turun - naiknya kadar estrogen inilah yang menyebabkan kontrol emosi terganggu.

Kondisi ini sebenarnya bisa dihindari. Kita bisa mengendalikan fluktuasi kadar hormon dengan melakukan hal-hal praktis ini:

  1. Bergerak. Diketahui bahwa tubuh kita akan menghasilkan lebih banyak hormon endorphin yang bertugas memicu rasa bahagia, jika kita bergerak. Idealnya sih berolahraga. Tapi karena gak mungkin lagi, maka disarankan kamu melakukan sesuatu di rumah yang membuat tubuh tetap bergerak. Bantu mama beres-beres setelah makan malam, cuci piring, nganterin sajian buat tamu. Apapun aktivitasnya, lakukan agar tubuh bergerak.
  2. Calcium. Sebuah penelitian menemukan bahwa tambahan asupan calcium dua kali sehari sebanyak 500mg dapat meredakan ketidakyamanan emosi menjelang atau pada saat menstruasi.
  3. Relaksasi. Pilih saat tenang, bisa sesaat sebelum tidur malam hari atau justru setelah bangun pagi. Gak butuh waktu lama, paling 10 - 15 menit, menenangkan diri, tarik nafas dalam-dalam lalu hembuskan perlahan, sambil menghitung 1 - 10.

Ayo lakukan girls. Ampuh loh ini.... dan kamu siap menebar senyum manis lagi.

Related Articles