Menu

Sex

menstruasi cermat mengatasi nyeri punggung saat menstruasipsd

Cermat Mengatasi Nyeri Punggung Saat Menstruasi

Jika kebayakan cewek mengalami nyeri perut yang mengganggu, maka bagi sebagian cewek lain, nyeri punggunglah yang menjadi kendala menjelang menstruasi. Umumnya yang terasa nyeri ada punggung bagian bawah. Sesungguhnya nyeri punggung saat menstruasi berpangkal dari kontraksi otot rahim yang sangat intens untuk mengeluarkan darah menstruasi. Kontraksi otot rahim ini menyebabkan seluruh otot bagian tubuh termasuk otot pinggang, panggul, dan paha atas mengalami ketegangan. Akibatnya terasa nyeri.

Sekalipun tidak berbahaya, nyeri punggung menyebabkan rasa tidak nyaman, dan dapat mengganggu aktivitas. Agar tak berlama-lama mengalaminya, cobalah melakukan beberapa hal berikut ini:

  • Kompres area punggung yang nyeri dengan kompresan panas. Pastikan suhu kompresan tidak terlalu panas, agar tak melukai kulit, dan lakukan hanya 20 menit saja.
  • Jalan kaki selama 10 - 30 menit, diketahui bisa meredakan ketegangan otot di bagian punggung bawah. Hindari terlalu banyak duduk, karena akan menyebabkan lebih nyeri.
  • Batasi makanan berkadar kafein tinggi juga yang mengandung banyak garam. 
  • Minum teh. Beberapa jenis teh diketahui memiliki khasiat melenturkan ketegangan. Cobalah teh yang mengandung Dong Quai atau Chamomile.
  • Pijatan dapat meredakan ketegangan otot di area yang nyeri. Untuk meredakan nyeri punggung, bagian tubuh yang harus dipijat seluruh bagian bawah tubuh. Kita bisa minta tolong pada mama, atau jika punya langganan mbak pijat, bisa dikatakan hal ini padanya.

Jika ke-5 langkah ini telah dilakukan tetapi nyeri punggung menetap, sangat disarankan untuk tidak mendiamkan, ajak mama menemanimu memeriksakan diri ke dokter agar mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

Related Articles