Menu

Sex

Mata dan Siklus Menstruasi

Seluruh organ tubuh bereaksi ketika terjadi fluktuasi kadar hormon tubuh menjelang dan selama menstruasi, termasuk mata. Selama minggu pertama menstruasi, terjadi peningkatan kadar estrogen di dalam tubuh. Kondisi ini bisa mengganggu fungsi mata; pandangan kabur, tidak fokus dan mata berair.

Sebagian besar perubahan pada mata terjadi yang dialami cewek pada masa puber tidak dapat dikoreksi. Tapi tak perlu cemas,  karena memastikan pola makan yang sehat adalah cara yang sangat tepat untuk melindungi kemampuan penglihatan dan meminimalkan dampak fluktuasi hormon setiap kali menjelang menstruasi. Dua porsi buah dan sayuran setiap hari sangat disarankan.

Selain itu, menghindari makanan olahan, terutama yang mengandung pemanis dan penyedap rasa buatan, adalah pola makan yang sangat disarankan demi menjaga kesehatan mata dan penglihatan.

Sedangkan jika mengalami gangguan penglihatan mata saat menstruasi, selain menggunakan obat tetes mata; cobalah gunakan kompresan hangat. Kompresan hangat dapat membantu menghilangkan kotoran dari mata dan membersihkan saluran air mata yang mungkin tersumbat. Cara ini juga bisa meredakan mata merah karena iritasi yang seringkali menyertasi mata berair.

  • Celupkan kapas atau handuk ke dalam air hangat, peras agar tak banyak kelebihan air, lalu kompreskan pada mata.
  • Berbaringlah dan biarkan selama 5-10 menit.

Related Articles