Menu

Reproductive Health

menstruasi 4 gejala kanker payudara yang tak biasa

4 Gejala Kanker Payudara yang Tak Biasa

Selama ini para ahli kesehatan mengingatkan kita untuk memeriksa payudara dan menemukan benjolan, sebagai gejala kanker. Ternyata benjolan bukanlah satu-satunya gejala kanker payudara. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh National Cancer Research Institute di Inggris, ada 4 gejala lain yang merujuk pada kanker payudara yang bisa dialami, bahkan tanpa benjolan. Gejala tersebut adalah:

1. Kulit bersisik dan mengelupas
Ada bagian kulit payudara yang terlihat lebih tebal dan bersisik, dibandingkan kulit bagian payudara lain. Kondisi ini disebabkan saluran minyak dan pelembap alami ke permukaan kulit tertutup oleh jaringan kanker, sehingga kulit mengering, dan strukturnya menebal.

2. Membengkak
Seringkali benjolan yang terbentuk berada sangat dekat dengan permukaan kulit, sehingga dengan mudah dirasakan, dan menyebabkan ukuran payudara membesar. Biasanya kondisi ini disertai rasa nyeri. 

3. Perubahan bentuk puting
Sebagian gejala kanker ditandai puting yang masuk ke dalam. Hal ini terjadi karena ada jaringan yang tumbuh di dalam payudara sehingga "mendesak" bentuk puting dan mengubahnya.

4. Cairan
Kelainan puting payudara yang lain adalah keluarnya cairan yang bukan ASI. Umumnya jika puting payudara mengeluarkan cairan, bukanlah gejala kanker, tetapi jika hal ini terjadi, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter. Terlebih jika cairan keluar tanpa sentuhan pada puting payudara, atau mengandung darah, dan hanya terjadi pada salah satu puting saja.

Kanker payudara adalah salah satu kanker yang relatif banyak merenggut nyawa perempuan. Tetapi dapat ditangani hingga tuntas jika terdeteksi pada tahapan dini. Fakta inilah yang menyebabkan para ahli tak lelah mengingatkan perempuan untuk melakukan langkah SADARI, setiap kali setelah menstruasi berlangsung. Sudahkah Anda melakukan SADARI setelah menstruasi terakhir? Segera lakukan jika belum.

Related Articles