Menu

Reproductive Health

Vaksin HPV Tak Hanya Mencegah Kanker Serviks

Kabar menggembirakan itu dilansir oleh Journal of the National Cancer Institute, pada salah satu edisi akhir tahun 2010. Dalam artikel tersebut dituliskan bahwa para peneliti menemukan program vaksinasi HPV (Human PapillomaVirus) yang saat ini sedang digalakkan di antara para remaja perempuan dan perempuan dewasa berusia produktif secara luas dapat menekan terjadinya berbagai gangguan yang berhubungan dengan organ genital dan serviks.

Penelitian tersebut dilakukan untuk menentukan apakah vaksin HPV dapat mencegah terjadinya gangguan pada vagina, selain ketidaknormalan pada leher rahim. Dugaan tersebut terbukti positif.

“Hasil penelitian ini memberikan bukti kuat yang menyatakan bahwa program vaksinasi HPV yang saat ini sedang dilakukan terhadap para remaja perempuan dan perempuan dewasa berusia subur, baru akan menunjukkan manfaatnya beberapa tahun setelah imunisasi, ditandai berkurangnya berbagai keluhan tentang kesehatan genital, dan gangguan-gangguan reproduksi lain, yang berhubungan dengan mulut rahim, saluran vagina dan vagina,” demikian ujar salah satu peneliti yang dikutip Jurnal tersebut. Dengan demikian, makin nyatalah manfaat vaksin HPV yang bersifat antisipatif itu.

Related Articles