Menu

Latest Research

Pil Kontrasepsi Untuk Pria

Selama ini, perempuan memiliki berbagai opsi kontrasepsi dalam bentuk pil, yang aman, efektif dan dapat dihentikan sesuai kebutuhan. Sebaliknya lelaki tidak memiliki akses tersebut. Pertengahan Januari lalu, para peneliti melansir hasil penelitian di Journal of Medicinal Chemistry dan melaporkan bahwa mereka telah menemukan pil kontrasepsi untuk pria, yang terbuat dari Ouabain, sejenis ekstrak tanaman yang digunakan pemburu di Afrika untuk melumuri ujung tombak dan panahnya.

Sebenarnya tubuh mamalia, termasuk manusia memroduksi Ouabain. Dalam jumlah sedikit unsur ini mengendalikan tekanan darah. Ouabain mengganggu aliran ion natrium dan kalsium melalui protein membran Na, K-ATPase, yang ditemukan di membran sel dan terdiri dari subunit protein. Salah satu subunit yang disebut α4 hanya ditemukan di dalam sel sperma.

Fakta inilah yang menyebabkan para peneliti melihat kemungkinan untuk menggunakan cara kerja Ouabain untuk mengendalikan protein α4 yang diketahui berperan sangat penting untuk kesuburan pria.

Para ahli memisahkan gula dari Ouabain dan membuat turunan protein yag dapat menekan kerja sel α4 pada sperma dan berhasil dicobakan pada tikus laboratorium. Hasilnya, kemampuan sel sperma berenang melemah, sehingg tidak segera bisa melewati saluran reproduksi untuk menemukan sel telur. Efek sampingan Ouabain yang telah disempurnakan itu nyaris tidak ada. Sehingga memenuhi syarat pil kontrasepsi yang dapat dihentikan dampaknya setelah tidak digunakan.

Related Articles