Menu

Latest Research

Berenang Sebelum Menstruasi Meredakan PMS

Berenang saat menstruasi tidak terlalu disarankan oleh para ahli kesehatan. Namun berenang sebelum menstruasi menurut para peneliti dari Cairo University perlu dilakukan karena bisa meredakan berbagai jenis PMS

Penelitian yang dilakukan melibatkan 70 perempuan berusia produktif yang diketahui memiliki keluhan PMS. Para responden itu dibagi atas 2 kelompok. Kelompok 1 adalah kelompok yang diatur aktivitas fisiknya, dengan berenang. Sedangkan kelompok ke-2 dipastikan hanya melanjutkan pola hidup sebagaimana adanya.

Sebelum penelitian dimulai, para responden harus mengisi data tentang gejala-gejala pra-menstruasi mereka. Para responden di kelompok pertama dipastikan untuk berenang setiap hari selama 20 menit seminggu sebelum menstruasi. Kemudian setelah periode penelitian berlangsung, setiap responden kemudian diminta untuk mengisi formulir data yang sama untuk melaporkan gejala PMS mereka.

Para peneliti kemudian membandingkan terjadi penurunan keluhan PMS pada kelompok pertama yang berenang secara teratur. Sedangkan kelompok responden yang tidak berenang, cenderung sama keluhannya. Adapun keluhan PMS yang tercatat mengalami penurunan pada kelompok pertama adalah: kecemasan (100%), depresi (25%), ketegangan (25%), Perubahan mood (100%), gangguan koordinasi (100%), sakit kepala (20%), kelelahan (33%), nyeri (45%), nyeri payudara (50%) dan kram (35%).

Sekalipun demikian, tidak ada data yang berbeda pada gangguan tidur malam, mudah menangis, pembengkakan dan dorongan makan yang meningkat. Para responden yang menjalani program berenang dan mengalami gangguan tersebut sebelum program di mulai, tetap mengalaminya setelah program selesai.

Kesimpulan dari penelitian ini, para ahli berpendapat bahwa berenang yang dilakukan sebelum menstruasi membawa manfaat berupa penurunan gejala PMS baik fisik ataupun psikologis. Saat ini para ahli dari bagian Obstetrics and Gynecology, Cairo University, di Mesir, sedang merencanakan penelitian lanjutan untuk mengetahui apakah manfaat akan bertambah jika seseorang berenang lebih lama. Penelitian yang telah dilansir oleh dailyscience.com pada awal Agustus 2018 ini bisa menjadi informasi yang memberi alternatif pada perempuan untuk mengatasi PMS.

Related Articles