Menu

Latest Research

Gangguan Gusi Memicu Kanker Payudara

Penelitian terbaru telah mengonfirmasi bahwa gangguan gusi berhubungan erat dengan risiko beberapa jenis kanker, termasuk kanker payudara.

Gangguan gusi, atau lebih dikenal dalam dunia medis dengan istilah periodontitis, adalah kondisi infeksi dan pembengkakan pada gusi. Kondisi umum dialami perempuan, dan sebagian besar dialami di usia matang, setelah lebih dari 40 tahun.

Kesimpulan ini didapat setelah para peneliti di Amerika mengevaluasi kumpulan data para responden yang tergabung pada the Women's Health Initiative Observational Study. Data sebanyak 65.869 tersebut berawal dari kuesioner yang diisi pada responden antara tahun 1999 - 2003. Setelah itu para responden menjalani program pendeteksian kanker hingga tahun 2013.

Hasil program pendeteksian kanker itu kemudian menemukan bahwa di antara para responden yang mengisi data awal telah mengalami gangguan gusi, sebanyak 7.149 responden mengalami kanker. Lebih detail lagi, 14% dari jumlah tersebut diketahui mengidap kanker payudara.

Para ahil saat ini sedang meneliti lebih lanjut hubungan periodontitis dengan kanker payudara. Langkah ini dianggap perlu untuk memperkecil risiko dan membentengi perempuan dari jenis kanker tersebut.

Related Articles