Menu

Sex

menstruasi Gangguan Selera Makan Sebelum dan Selama Menstruasi

Gangguan Selera Makan Sebelum dan Selama Menstruasi

Sebagian besar cewek umumnya ingin mengemil dan makan lebih banyak beberapa saat sebelum mulai menstruasi. Jenis makanan yang diidamkan dan dikonsumsi umumnya makanan manis atau gurih seperti cokelat, es krim, biskuit, potato chips; atau junk food seperti burger. Sayangnya, selain pilihan jenis makanan yang tidak tepat, dorongan ini tidak diimbangi aktivitas fisik yang seimbang, sehingga terjadi pertambahan berat tubuh.

Respons terhadap insulin
Pertambahan selera makan, atau dorongan makan, beberapa saat menjelang atau di awal menstruasi sebenarnya terkategori sebagai kondisi yang wajar. Hal ini terjadi karena tubuh merespons peningkatan kadar insulin yang terjadi menjelang menstruasi. Saat kadar insulin meningkat, maka otak akan mengirimkan sinyal bahwa tubuh membutuhkan asupan makanan.

Bijak memilih
Tidak ada salahnya memenuhi kebutuhan tubuh saat ini, saat merasa ingin makan atau mengemil, segeralah dipenuhi. Namun, pastikan pilihan makananmu tepat. Konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti nasi merah, atau roti gandum. Jenis makanan ini akan memberikan energi yang cukup, selain mengenyangkan. Sedangan apel, anggur dan jeruk, bisa kamu jadikan cemilan sehat.

Ingatlah bahwa setiap hari, kita perlu mengonsumsi makanan sehat, termasuk sebelum dan selama menstruasi berlangsung.

Related Articles