Menu

Reproductive Health

menstruasi iritasi Gangguan Kesehatan Pemicu Miss V Gatal

Gangguan Kesehatan Pemicu Miss V Gatal

Organ genital perempuan, sering disebut miss v, terdiri atas jaringan lunak yang dapat membersihkan dan menjaga kesehatannya sendiri. Miss v memroduksi sejenis cairan bening yang tidak berbau untuk tujuan itu. Kondisi miss v yang sehat dan bersih, sebenarnya merupakan kondisi seimbang antara bakteri baik dan jahat.

Seringkali terasa miss v gatal, lebih lembap karena cairan itu, tetapi tak berapa lama normal. Ini adalah kondisi yang wajar. Hal yang perlu diantisipasi adalah jika miss v gatal dalam waktu lama, dan terkadang sangat intens. Kondisi ini biasanya dipicu iritasi akibat gesekan antara kulit di sekitar miss v, atau karena infeksi akibat lembap yang berlebih. Tetapi ternyata selain lembap dan infeksi, ada beberapa pemicu lain yang bisa menyebabkan gangguan ini.

  • Perubahan kadar hormon. Seiring pertambahan usia kita akan mengalami penurunan kadar estrogen, hal ini juga dialami oleh ibu yang menyusui bayinya. Kadar estrogen yang turun ini menyebabkan dinding saluran miss v menipis sehingga kulit menjadi sensitif, mudah mengalami iritasi dan terasa gatal. Gejala ini hanya dapat diatasi jika kadar estrogen kembali normal. Caranya, melalui suplemen atau menjalani pola hidup sehat atau pada ibu menyusui akan segera normal setelah periode menyusui selesai.
  • Parasit. Jenis parasit yang bisa hidup di area miss v adalah kutu. Biasanya, parasit ini hidup di area kulit yang tertutup rambut pubis dan lembap. Setelah terkontaminasi parasit ini, seseorang akan merasakan miss v gatal tak tertahankan. Cara menuntaskan parasit ini relatif mudah. Pastikan area rambut pubis bersih. Basuh rambut pubis setiap kali mandi, dan keringkan agar benar-benar kering agar kulit tidak lembap. Kulit miss v yang lembap cenderung mudah teriritasi dan memicu ruam yang membuat miss v gatal. Rapikan rambut pubis dengan gunting sehingga tidak terlalu lebat dan menghambat aliran udara ke kulit miss v. Kulit yang terpapar udara akan lebih sehat karena bebas lembap.
  • Lichen sclerosus. Jika miss v gatal tak tertahankan, tanpa ada gejala lain selain bercak putih di permukaan kulit, maka kondisi ini perlu penanganan khusus. Kondisi miss v gatal seperti ini dikenal Lichen sclerosus, dan hingga kini tidak bisa dijelaskan pemicunya oleh para ahli kesehatan. Sama sekali tidak berhubungan dengan lembap dan iritasi. Dokter mengobati kondisi miss v gatal ini dengan jenis obat-obatan steroid. Kondisi ini harus diobati hingga tuntas, karena bisa menyebabkan miss v gatal berubah menjadi luka parut, bisul, nyeri bahkan kanker.

Ketika menstruasi, terjadi pertambahan lembap di area miss v; seseorang dengan gangguan kesehatan tersebut akan merasakan gatal yang luar biasa. Tidak hanya karena cairan menstruasi. Pembalut yang digunakan dan menutupi permukaan kulit menghambat aliran udara sehingga kulit semakin lembap.

Agar kondisi ini tidak berkembang semakin parah, langkah bijak yang dapat dilakukan adalah memilih pembalut  yang tepat. Pembalut yang dimaksud tidak hanya hanya menyerap cepat dan tidak bocor, melainkan juga menjaga kesehatan kulit area kewanitaan. Saat ini, satu-satunya pembalut jenis ini adalah Laurier Healthy Skin. Pembalut ini memiliki permukaan 3D Pori Bergelombang, sehingga meningkatkan 80% sirkulasi udara ke area permukaan kulit area kewanitaan. Jadinya, pembalut tetap kering. Kulit bebas lembap. Mencegah terjadinya iritasi.

Miss v gatal seringkali dianggap bukan gangguan serius. Tapi jika kita tidak menyadarinya, kemudian menggaruk atau membiarkannya tanpa ditangani secara tepat, maka gangguan akan berlanjut bahkan semakin parah. Tentunya kita tak mau mengalaminya terus-terusan kan! Untuk info lebih lanjut bisa cek www.dontgetirritated.id #DontGetIrritated

Related Articles