Menu

Sociolife

Gak Nyaman di Rumah


 

Pemicu remaja seusia kita merasa gak nyaman di rumah biasanya karena gak bisa menyuarakan pendapat, selain aturan yang dianggap mengekang. Selain hal-hal ini, ada juga yang datangnya dari remaja itu sendiri, seperti; punya masalah yang disembunyikan, pacaran padahal belum dapat izin, mengonsumsi alkohol atau obat-obatan terlarang, dan masih banyak lagi.

Biasanya sih gak langsung pergi atau ngabur dari rumah. Tapi diawali perubahan sikap; terlihat lebih murung dan menarik diri, mulai jarang berada di rumah alias lebih sering nginep di rumah teman. Karena pemahaman yang masih terbatas, masalah yang dihadapi seakan gak ada solusinya. Makinlah berasa gak nyaman, dan akhirnya jika dibiarkan tak tertangani jadi benar-benar pergi dari rumah.

Semua hal itu bisa terjadi pada sahabatmu, jika kamu tentang hal ini, cobalah untuk:

  • Cobalah untuk selalu mendampinginya. Bantu ia agar bisa mengeluarkan semua uneg-uneg-nya
  • Jika mungkin, setelah minta izin pada ortumu, ajak dia menginap di rumahmu. Hal ini akan lebih baik daripada membiarkannya pergi tanpa tujuan yang jelas, dan menimbulkan risiko padanya.
  • Setelahnya cobalah untuk mengingatkannya untuk mencari orang dewasa dalam keluarga yang bisa dipercaya; tante, oom, atau kakek-nenek, sehingga ia dapat kembali ke lingkungan keluarga.

Related Articles