Menu

Lifestyle Updates

Film Horor, Berdampak Baik bagi Kesehatan

Menjelang perayaan Halloween, mulai banyak film horor diputar di cineplex. Salah satu yang lagi jadi pembahasan adalah film Pengabdi Setan karya sutradara kawakan Joko Anwar. Kabarnya film itu bisa bikin merinding dan ketakutan. Sisi baiknya, ternyata menonton film horor bermanfaat bagi kesehatan kita, mulai dari kesehatan tubuh sampai untuk kesehatan otak.

  • Membakar kalori. Hasil penelitian para ahli dari University of Westminster di London menyatakan bahwa menonton film horor bisa memicu adrenalin selama 90 menit dan membakar rata-rata 113 kalori, yang setara saat berjalan selama 30 menit. Jadi mestinya, semakin seram film yang ditonton, semakin banyak kalori yang terbakar.
  • Meningkatkan kekebalan tubuh. Para peneliti dari Conventry University di London meneliti sample darah para penonton sebelum, selama dan setelah menonton film horor. Ternyata diketahui kadar sel darah putih para penonton itu meningkat, sebagaimana tubuh bersiap-siap melawan infeksi.
  • Menyehatkan otak. Waktu kita menonton film horor, otak memroduksi dopamin, serotonin dan glutamat, kolaborasi hormon-hormon itu memicu produki adrenalin yang dapat menurunkan stres dan kecemasan.

Satu-satunya hal yang perlu diperhatikan adalah saat ketakutan, ketika adrenalin diproduksi dalam jumlah banyak, pembuluh darah menyempit, dan jantung harus bekerja lebih keras dan lebih cepat untuk memompa darah. Dengan kata lain, sebaiknya orang yang punya gangguan jantung jangan nonton film horor.

Kamu sehat? Cuuuus, ngantri tiket!

Sumber: Pottermore.com

Related Articles