Menu

Lifestyle Updates

menstruasi Emoji Menstruasi Segera Hadir

Emoji Menstruasi Segera Hadir

Plan International, sebuah institusi nirlaba yang memerhatikan masalah sosial khususnya yang berhubungan dengan perempuan mengabarkan bahwa mereka akan segera meluncurkan emoji menstruasi pada Maret nanti. Menurut mereka hal ini dapat membantu cewek yang baru saja mengalami mesntuasi, bahkan di belahan dunia barat pun, agar tak lagi malu-malu membahas topik ini. Upaya ini sebenarnya telah dimulai sejak tahun 2017, ketika lembaga tersebut menemukan bahwa 48% cewek berusia 14-21 tahun di Inggris, merasa malu membicarakan kondisi menstruasi mereka.

Plan International telah melakukan voting terbuka untuk memilih icon emoji menstruasi. Semula ada 5 desain yang disarankan, antara lain; image pembalut, kalender menstruasi, setetes darah yang tersenyum, rahim, dan celana dalam bernoda darah. Icon yang paling banyak terpilih adalah icon celana dalam bernoda darah. Tetapi icon tersebut ditolak oleh Unicode Consortium, lembaga yang mengatur emoji di ranah digital.

Akhirnya disepakati emoji untuk melambangkan menstruasi ini berupa tetesan darah. Sekalipun NHS, sebuah lembaga yeng bergerak di bidang transplantasi dan bank darah menjelaskan bahwa icon tetesan darah sebenarnya lebih cocok untuk menjelaskan "donor darah".

Jika bagi sebagian orang emoji adalah hal sepele yang dilakukan berhubungan dengan menstruasi, maka sebenarnya icon kecil ini akan menjadi cara paling mudah bagi seorang cewek untuk membicarakan kondisi menstruasinya. Sekalipun belum benar-benar melambangkan kondisi menstruasi.

Sumber: theguardian.com

Related Articles