Menu

Latest Research

Menstruasi Chamomile Tea Redakan Kram Perut Saat Menstruasi

Chamomile Tea Redakan Kram Perut Saat Menstruasi

Berdasarkan catatan sejarah, Chamomile, tumbuhan yang tampilan bunganya mirip bunga apel ini digunakan oleh Bangsa Mesir sebagai salah satu ramuan obat untuk berbagai penyakit.Keunggulan Chamomile ini kemudian mulai dimanfaatkan oleh penduduk Benua Eropa pada tahun 1600 M, terutama untuk mengatasi gangguan sulit tidur, atau insomnia.
 
Manfaat Chamomile bagi kaum perempuan, pertama kali dipastikan oleh para peneliti dari Imperial College London di Inggris pada tahun 2007. Hasil penelitian yang dilansir oleh Journal of Agricultural and Food Chemistry edisi Desember 2007 itu menyatakan bahwa bunga Chamomile yang dicampurkan ke dalam seduhan teh, ampuh menyembuhkan kram perut saat menstruasi.

Penelitian yang dilakukan terhadap 14 orang perempuan sebagai responden tersebut, menggunakan uji urin. Di awal penelitian, para responden menjalani tes urin. Kemudian setiap hari selama 2 minggu responden tersebut disuguhi 5 cangkir teh Chamomile. Pada akhir penelitian, para peneliti melakukan tes urin terhadap seluruh responden dan menemukan bahwa telah terjadi peningkatan daya tahan tubuh karena di dalam urin para responden terkandung glycine, yaitu sejenis hormon yang dapat menghilangkan kejang otot.

Di sisi lain, para ahli Botani di dunia mengatakan bahwa kandungan alpha-bisalcohol, chamozulene, polyines dan flavonoid yang terkandung dalam bunga Chamomile membuat Chamomile tea memiliki khasiat luar biasa. Terutama untuk meredakan ketegangan otot, termasuk otot perut saat menstruasi..

So, selain lezat dan menenangkan secangkir Chamomile tea menjelang tidur malam dapat membuat Anda lebih lelap tertidur karena kram perut mereda.

Related Articles